Repo Mhs ULM

EFEKTIVITAS KITOSAN SISIK IKAN HARUAN (Channa striata) TERHADAP ANGIOGENESIS LUKA INSISI (Studi In Vivo pada Punggung Tikus Wistar Jantan (Rattus norvegicus))

Show simple item record

dc.contributor.author Annisa Fitriyana
dc.date.accessioned 2023-02-23T11:17:59Z
dc.date.available 2023-02-23T11:17:59Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/34818
dc.description.abstract Latar Belakang: Rusaknya integritas sebagian jaringan tubuh akibat trauma biasa disebut sebagai luka dapat terjadi secara disengaja maupun tidak disengaja. Angiogenesis dan proliferasi fibroblas pada fase proliferasi penyembuhan luka dimulai dari hari ke-3 sampai hari ke-14. Pengobatan luka dapat dilakukan dengan pemberian povidone iodine 10%. Namun, penggunaanya dalam jangka panjang mengakibatkan efek samping yang merugikan. Oleh karena itu, diperlukan alternatif bahan yang lebih biokompatibel, salah satunya dengan memanfaatkan biopolimer kitosan sisik ikan haruan. Tujuan: Menganalisis pengaruh kitosan sisik ikan haruan dalam mempercepat penyembuhan luka insisi tikus wistar ditinjau dari jumlah pembuluh darah baru dan proliferasi fibroblas. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental murni dengan rancangan post-test only with control group design yang terbagi menjadi kelompok perlakuan dan kelompok kontrol. Kelompok perlakuan terdiri dari kitosan sisik ikan haruan konsentrasi 1%, 3%, dan 5%. Kelompok kontrol terdiri dari povidone iodine 10% sebagai kontrol positif dan tanpa perlakuan sebagai kontrol negatif. Seluruh tikus dilukai pada bagian punggung kemudian di-euthanasia pada hari ke-3, 5, 7, dan 14. Hasil: Kitosan sisik ikan haruan berpengaruh terhadap pembentukan pembuluh darah baru dan fibroblas pada hari ke-3, peningkatan jumlah pembuluh darah baru pada hari ke-5, penurunan jumlah pembuluh darah baru yang diiringi peningkatan jumlah fibroblas pada hari ke-7, dan penurunan jumlah fibroblas pada hari ke-14. Kesimpulan: Seluruh konsentrasi kitosan sisik ikan haruan terbukti berperan dalam angiogenesis dan proliferasi fibroblas pada penyembuhan luka. Kata kunci : Penyembuhan luka, Angiogenesis, Fibroblas, Kitosan sisik ikan haruan
dc.title EFEKTIVITAS KITOSAN SISIK IKAN HARUAN (Channa striata) TERHADAP ANGIOGENESIS LUKA INSISI (Studi In Vivo pada Punggung Tikus Wistar Jantan (Rattus norvegicus))


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account