Abstract:
Pelayanan kesehatan menjadi suatu kebutuhan setiap masyarakat mengingat sering kali menjadi ukuran dalam perkembangan suatu negeri. Salah satu upaya agar pelayanan kesehatan bisa didapatkan oleh setiap masyarakat dari golongan manapun adalah dengan menghasilkan program-program yang akan meningkatkan pelayanan kesehatan. Maka terbentuklah program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan rawat inap terhadap perpindahan kelas untuk pelayanan rawat inap BPJS di salah satu rumah sakit pemerintah terbesar di Provinsi Kalimantan Selatan. Penelitian ini menggunakan data yang diambil menggunakan kuesioner untuk periode Januari sampai dengan Maret 2021 dan dianalisis dengan metode regresi logistik ordinal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang berpengaruh signifikan yaitu Jaminan dan Empati, secara keseluruhan kedua variabel tersebut mempengaruhi penilaian kepuasan dari pasien yang dirawat di RSUD Ulin Banjarmasin secara umum sebesar 27,5%.