dc.description.abstract |
ABSTRAK
Model CIRC ini dikembangkan untuk meningkatkan kesempatan siswa untuk membaca dengan keras dan menerima umpan balik dari kegiatan membaca mereka, dengan membuat para siswa membaca untuk teman satu timnya dengan melatih mereka mengenai saling merespons kegiatan membaca mereka. Model CIRC mengutamakan kerja sama dalam kelompok atau tim saling membantu untuk mencapai tujuan bersama. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui implementasi strategi Cooperatif Integrated Reading and Composition pada pokok bahasan dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris di Kelas VII Di SMPN 1 Alalak dan (2) Untuk mengetahui apakah model pembelajaran pada pokok bahasan dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris di Kelas VII Di SMPN 1 Alalak.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian ekperimen quasi (quasi experimen) dengan pendekatan kuantitatif yang berbentuk desain studi kasus dua arah (two tail). Penelitian ini menggunakan uji validitas dan reabilitas untuk menentukan kevalidan data dan juga uji-t dalam menentukan hipotesisnya.
Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai thitung = -2.2144 yang mana hasilnya kurang dari ttabel = 2.001717, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini membuktikan bahwa implementasi model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan minat belajar peserta didik. Maka dapat disimpulkan bahwa ada peningkatkan setelah setelah mengimplementasikan model pemebelajaran kooperatif tipe CIRC terhadap minat belajar siswa pada pelajaran Bahasa Inggris kelas VII di SMPN 1 Alalak.
Kata Kunci: Implementasi, Model Pembelajaran, Kooperatif Tipe CIRC, Minat Belajar Siswa, Bahasa Inggris. |
|