Abstract:
Impulsive buying adalah hal yang umum terjadi terutama di kalangan wanita muda. Diantara faktor-faktor yang dapat mendorong terjadinya impulsive buying ialah sifat konsumen, salah satunya sifat pemalu (shyness). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah shyness dapat mempengaruhi impulsive buying. Partisipan penelitian ini ialah 128 mahasiswi Kota Banjarmasin yang dipilih melalui incidental sampling. Penelitian ini menggunakan alat ukur shyness dan impulsive buying yang telah diadaptasi ke dalam Bahasa Indonesia. Analisis data menggunakan regresi linear sederhana ini menunjukkan bahwa shyness memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap impulsive buying. Dalam penelitian ini, shyness mempengaruhi impulsive buying sebesar 6,5%, sedangkan 93,5% sisanya berasal dari faktor-faktor yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menenujukkan bahwa semakin tinggi tingkat shyness seseorang, maka semakin tinggi pula tingkat impulsive buying mereka.
Kata kunci: Shyness, impulsive buying, mahasiswi