Abstract:
RINGKASAN
Nahdiah. 2022. Hubungan Pola Asuh, Keterlibatan Orang Tua, Perkembangan Bahasa Terhadap Literasi Anak Di Taman Kanak-Kanak Gugus Lembayung Pagi Kecamatan Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin. Tesis Program Magister Pendidikan Guru PAUD, Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (1) Dr.Ali Rachman,S.Pd, M.Pd (2) Dr.Ririanti Rachmayanie, S.Psi.,M.Pd
Kata Kunci: Pola Asuh, Keterlibatan orang tua, Perkembangan Bahasa, Literasi anak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan pola asuh, keterlibatan orang tua perkembangan bahasa secara parsial maupun bersama-sama terhadap literasi anak. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Sampel penelitian sebanyak 197 orang tua dan anak di TK Gugus Lembayung pagi Kecamatan Banjarmasin Selatan kota Banjarmasin.
Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan 0,05 sebagai taraf signifikasi. Populasi dalam penelitian ini adalah orang tua dan anak di TK Lembayung Pagi Kabupaten Banjarmasin Selatan sebanyak 389 orang tua dan anak, dengan menggunakan teknik simple random sampling menggunakan rumus Slovin sehingga diperoleh sampel sebanyak 197 orang tua dan anak. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengolahan data dilakukan melalui program bantuan komputer IBM SPSS. Pengujian menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Menggunakan uji asumsi klasik, Uji Multikolinearitas, Uji Autokorelasi, Uji Normalitas, Uji Linieritas, Analisis Regresi Linier Berganda, Uji F, Analisis Regresi Parsial, Koefisien Determinasi. Teknik analisis data uji hipotesis menggunakan analisis jalur.
Hasil penelitian: (1) Ada hubungan pola asuh orang tua dengan literasi anak di TK gugus Lembayung Pagi Kecamatan Banjarmasin Selatan. (2) Ada hubungan antara keterlibatan orang tua terhadap literasi anak di TK Gugus Lembayung Pagi Kecamatan Banjarmasin Selatan. (3) Ada hubungan perkembangan bahasa dengan literasi anak di TK gugus Lembayung Pagi Kecamatan Banjarmasin Selatan. (4) Tidak ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan perkembangan bahasa di TK gugus Lembayung Pagi Kecamatan Banjarmasin Selatan. (5) Ada hubungan antara keterlibatan orang tua dengan perkembangan. bahasa anak di TK gugus Lembayung Pagi Kecamatan Banjarmasin Selatan. (6) Tidak ada hubungan antara pola asuh melalui perkembangan bahasa terhadap Literasi Anak di TK gugus Lembayung pagi Kecamatan Banjarmasin Selatan. (7) Tidak ada hubungan antara keterlibatan orang tua melalui pengembangan bahasa terhadap literasi anak di TK gugus Lembayung Pagi Kecamatan Banjarmasin Selatan. (8) Ada hubungan pola asuh, keterlibatan orang tua, dan perkembangan bahasa secara bersama-sama dengan literasi anak di TK Gugus Lembayung pagi Kecamatan Banjarmasin Selatan