Repo Mhs ULM

SKRINING FITOKIMIA DAN UJI PENGHAMBATAN DENATURASI PROTEIN PADA AKTIVITAS ANTIINFLAMASI SECARA IN VITRO FRAKSI n-HEKSANA DAN  n-BUTANOL KULIT BATANG TIGARUN (Crataeva nurvala Buch. Ham)

Show simple item record

dc.contributor.author Alya Hanifa
dc.date.accessioned 2023-02-23T12:06:49Z
dc.date.available 2023-02-23T12:06:49Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/35243
dc.description.abstract Kulit batang tigarun (C. nurvala) merupakan bagian tanaman yang dapat digunakan sebagai obat antiinflamasi karena diketahui mengandung senyawa lupeol yang merupakan senyawa golongan triterpenoid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metabolit sekunder yang terkandung pada fraksi n-heksana dan n-butanol kulit batang C. nurvala serta menguji aktivitasnya sebagai antiinflamasi dengan menggunakan uji penghambatan denaturasi protein yang dilihat dari nilai IC50. Skrining fitokimia dilakukan dengan metode uji tabung, sedangkan uji aktivitas antiinflamasi dilakukan secara in vitro dengan metode penghambatan denaturasi protein. Hasil skrining fitokimia fraksi n-heksana menunjukkan adanya kandungan triterpenoid, sedangkan fraksi n-butanol menunjukkan adanya kandungan flavonoid. Nilai IC50 yang didapat pada uji aktivitas antiinflamasi fraksi n-heksana kulit batang C. nurvala sebesar 55,720 ppm dan fraksi n-butanol kulit batang C. nurvala sebesar 155,883 ppm. Kata Kunci: Crataeva nurvala Buch. Ham, skrining fitokimia, antiinflamasi, penghambatan denaturasi protein
dc.title SKRINING FITOKIMIA DAN UJI PENGHAMBATAN DENATURASI PROTEIN PADA AKTIVITAS ANTIINFLAMASI SECARA IN VITRO FRAKSI n-HEKSANA DAN  n-BUTANOL KULIT BATANG TIGARUN (Crataeva nurvala Buch. Ham)


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account