Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku konsumen dalam
proses keputusan pembelian dan tingkat kepuasan konsumen
terhadap produk mi goreng merek Mie Sedaap. Penelitian ini
dilakukan di Universitas Lambung Mangkurat pada bulan Februari
sampai dengan bulan Maret 2022. Metode penarikan contoh yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode convenience
sampling. Adapun alat analisis yang digunakan adalah analisis
deskriptif yang digunakan untuk menganalisis perilaku konsumen
dalam proses keputusan pembelian dan analisis IPA (Importance
Performance Analysis) serta CSI (Customer Satisfaction Index) yang
digunakan untuk menganalisis tingkat kepuasan konsumen mi
goreng merek Mie Sedaap. Hasil penelitian tentang perilaku
konsumen menunjukkan bagaimana sikap konsumen dalam 5 (lima)
tahap keputusan pembelian, yaitu tahap pengenalan kebutuhan,
pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian, dan
perilaku pasca pembelian. Sedangkan untuk hasil penelitian tentang
kepuasan konsumen menunjukkan bahwa terdapat 6 (enam) atribut
di kuadran B dan 7 (tujuh) atribut di kuadran C serta nilai Customer
Satisfaction Index adalah sebesar 84% yang termasuk ke dalam
kategori “sangat puas”.