Repo Mhs ULM

TINDAK PIDANA MEMBAWA LARI ANAK PEREMPUAN DIBAWAH UMUR (STUDI PUTUSAN PENGADILAN NEGERI GUNUNGSITOLI NOMOR :220/PID.B/2018/PN.GST)

Show simple item record

dc.contributor.author Rizky Amalia
dc.date.accessioned 2023-02-23T12:23:27Z
dc.date.available 2023-02-23T12:23:27Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/35393
dc.description.abstract Rizky Amalia. Januari 2023. TINDAK PIDANA MEMBAWA LARI ANAK PEREMPUAN DIBAWAH UMUR (STUDI PUTUSAN PENGADILAN NEGERI GUNUNGSITOLI NOMOR: 220/PID.B/2018/PN.GST). Skripsi, Program Sarjana Studi Hukum Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat, 70 halaman. Pembimbing Utama: Dr.Mulyani Zulaeha, S.H.,M.H. dan Pembimbing Pendamping Dr.Suprapto, S.H.,M.H. ABSTRAK Tujuan dari penelitian skripsi ini Untuk mengetahui penerapan hukum pidana pada Putusan Pengadilan Negeri Gunungsitoli Nomor: 220/Pid.B/2018/PN.Gst. dan untuk mengetahui pertimbangan hukum hakim dalam menjatuhkaan putusan terhadap Putusan Pengadilan Negeri Gunungsitoli Nomor: 220/Pid.B/2018/PN.Gst. Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif dengan tipe penelitian studi kasus yakni penelitian yang menitikberatkan pada Putusan Pengadilan Negeri Gunungsitoli Nomor: 220/Pid.b/2018/PN.Gst dengan sifat penelitian hukum preskriptif analisis. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan pendekatan kasus dan pendekatan perundang-undangan, penelitian ini menggunakan sumber bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan bahan hukum tersier, yang teknik pengumpulannya melalui studi kepustakaan. Bahan hukum yang didapat dianalisis melalui analisa kualitatif. Metode ini digunakan dengan maksud untuk memberikan gambaran secara objektif dalam rangka melakukan perbaikan terhadap permasalahan yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama: Penerapan hukum pidana terhadap tindak pidana membawa lari anak perempuan dibawah umur Putusan Pengadilan Negeri Gunungsitoli Nomor: 220/Pid.B/2018/PN.Gst berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dalam skripsi ini adalah kurang tepat. Kedua: Pertimbangan Hakim dalam menjatuhkan sanksi terhadap tindak pidana membawa lari anak perempuan dibawah umur Putusan Pengadilan Negeri Gunungsitoli Nomor: 220/Pid.B/2018/PN.Gst, dinilai kurang sesuai dengan apa yang dituangkan hakim dalam pertimbangannya. Kata Kunci: Penerapan Hukum, Pertimbangan Hakim, Anak Dibawah Umur.
dc.title TINDAK PIDANA MEMBAWA LARI ANAK PEREMPUAN DIBAWAH UMUR (STUDI PUTUSAN PENGADILAN NEGERI GUNUNGSITOLI NOMOR :220/PID.B/2018/PN.GST)


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account