Repo Mhs ULM

Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Disiplin Kerja, dan Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Kerja Guru SD Negeri Kecamatan Banjarmasin Utara

Show simple item record

dc.contributor.author Fitroliana
dc.date.accessioned 2023-02-23T12:27:00Z
dc.date.available 2023-02-23T12:27:00Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/35431
dc.description.abstract ABSTRAK Fitroliana. 2022. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Disiplin Kerja, dan Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Kerja Guru SD Negeri Kecamatan Banjarmasin Utara.Tesis: Program Magister Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing I : Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M. Pd., Ph.D. Pembimbing II : Dr. Hj. Asniwati, S. Pd., M.Pd. Kata Kunci : Kepemimpinan Transformasional, Disiplin Kerja, Kecerdasan Emosional, Prestasi Kerja Guru. Prestasi kerja adalah sebagai variabel yang dapat berfungsi memberikan gambaran tentang hasil kerja seseorang berkaitan dengan tugas yang diembannya, dan didasarkan pada tanggung jawab professional yang dimiliki seorang guru Faktor yang mempengaruhi prestasi kerja guru antara lain : kepemimpinan transformasional Kepala sekolah, disiplin kerja dan kecerdasan emosional guru. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa pengaruh langsung dan tidak langsung kepemimpinan transformasional Kepala sekolah, disiplin kerja, dan kecerdasan emosional terhadap prestasi kerja guru SD Negeri Kecamatan Banjarmasin Utara. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 281 orang. Sampel berdasarkan proposionate sampling yaitu 165 orang. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket. Model regresi yang dihasilkan telah dilakukan uji asumsi klasik. Data dianalisis menggunakan analisis jalur (Path Analysis). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai koefisien regresi variabel adalah angka positif seperti kepemimpinan transformasional Kepala sekolah sebesar 0,182; disiplin kerja sebesar 0,242; kecerdasan emosional sebesar 0,440 terhadap prestasi kerja. Kepemimpinan transformasional sebesar 0,490 dan kecerdasan emosional terhadap disiplin kerja sebesar 0,485. Kepemimpinan transformasional terhadap prestasi kerja guru melalui disiplin kerja sebesar 0,119; kecerdasan emosional terrhadap prestasi kerja guru melalui disiplin kerja sebesar 0,117. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh langsung yang signifikan kepemimpinan transformasional Kepala sekolah, disiplin kerja dan kecerdasan emosional terhadap prestasi kerja guru. Terdapat hubungan tidak langsung kepemimpinan transformasional dan kecerdasan emosional melalui disiplin kerja terhadap prestasi kerja guru SD Negeri Kecamatan Banjarmasin Utara. Saran bagi guru, agar memberikan masukan yang positif sebagai pendidik untuk selalu meningkatkan disiplin kerja, menumbuhkan kecerdasan emosional dan prestasi kerja yang positif. Guru dapat meningkatkan prestasi kerja terutama dalam pandangan bahwa kualitas kerja harus dicapai sesuai target yang ditetapkan atau melebihi target yang ditetapkan.
dc.title Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Disiplin Kerja, dan Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Kerja Guru SD Negeri Kecamatan Banjarmasin Utara


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account