Abstract:
ABSTRAK
Norlatipah. 2022. Hubungan antara Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Semangat Kerja, Komitmen Kerja, dan Kinerja Guru SMP Negeri Kabupaten Balangan. Tesis Program Magister Administrasi Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing (I) Dr.M.Saleh, M.Pd. (II) Dr. Darmiyati, M.Pd.
Kata Kunci: Kepemimpinan Transformasional, Semangat Kerja, Komitmen Kerja, Kinerja
Kinerja adalah suatu prestasi kerja atau hasil kerja seseorang berdasarkan kualitas yang dicapainya dalam melaksanakan tanggung jawab yang diterima. Kinerja guru adalah faktor penentu tercapainya tujuan pendidikan. Faktor yang memperngaruhi kinerja antara lain: kepemimpinan transformasional kepala sekolah, semangat kerja, dan komitmen kerja. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan kepemimpinan transforamsional kepala sekolah, semangat kerja, komitmen kerja, dan kinerja guru di SMP Negeri Kabupaten Balangan.
Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan metode cross sectional dan menggunakan teknik korelasi (correlation research). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMP Negeri Kabupaten Balangan dengan jumlah guru 276 orang dari 24 sekolah, dan hasil perhitungan sampel sebanyak 163 orang. Pengumpulan data menggunakan intrumen kuesioner dan analisis data menggunakan uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier dan analisis jalur. Analisis hasil penelitian menggunakan statistik deskriptif, regresi sederhana, analisis jalur dan regresi berganda dengan menggunakan SPSS Window Version 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara: (1) kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru sebesar 0,431, (2) semangat kerja terhadap kinerja guru sebesar 0,957, (3) komitmen kerja terhadap kinerja guru sebesar 0,963, (4) kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap semangat kerja sebesar 0,306, (5) kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap komitmen kerja sebesar 0,131, (6) kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru melalui semangat kerja sebesar 0,293,(7) kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru melalui komitmen kerja sebesar 0,126.
Berdasarkan hasil temuan dari penelitian ini dapat disarankan beberapa hal seperti: (1) Guru sebagai pendidik hendaknya lebih aktif sebagai upaya meningkatkan kinerja guru, (2) Kepala sekolah hendaknya senantiasa memberikan arahan positif sehingga bisa meningkatkan semangat dan komitmen kerja guru dalam bekerja, (3) lembaga pendidikan hendaknya memberi kesempatan para guru untuk mengembangkan diri, (4) penelitian ini hendaknya dapat digunakan sebagai rujukan dan referensi untuk melakukan penelitian yang masih berkaitan.