Repo Mhs ULM

Efektivitas Promosi Kesehatan menggunakan Media Sosial Instagram terhadap Peningkatan Oral Health Literacy (Tinjauan pada Remaja di SMP Negeri 1 Banjarbaru)

Show simple item record

dc.contributor.author Dinda Andira Salsabila
dc.date.accessioned 2023-02-23T12:59:20Z
dc.date.available 2023-02-23T12:59:20Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/35737
dc.description.abstract ABSTRAK EFEKTIVITAS PROMOSI KESEHATAN MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP PENINGKATAN ORAL HEALTH LITERACY DI BANJARBARU KALIMANTAN SELATAN Dinda Andira Salsabila, Rosihan Adhani, Isnur Hatta Latar Belakang: Tingginya proporsi masalah gigi dan mulut penduduk Kalimantan Selatan menurut Riskesdas (2018) pada populasi umur 10-14 tahun sebesar 59,56?n hanya 14,34% yang menerima perawatan gigi dan mulut. Banjarbaru menjadi kota dengan persentase terendah di wilayah Kalimantan Selatan terkait pengetahuan kemudahan akses pelayanan kesehatan gigi. Hal ini menunjukkan gambaran pentingnya promosi kesehatan agar masyarakat lebih menyadari pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut. Salah satu strategi untuk mencapai promosi kesehatan yang optimal adalah penggunaan metode promosi kesehatan melalui media sosial. Media sosial Instagram sebagai media promosi kesehatan memiliki kelebihan mudah untuk diakses tanpa terkendala jarak, waktu, dan biaya. Tujuan: Menganalisis efektivitas promosi kesehatan menggunakan media sosial Instagram terhadap peningkatan oral health literacy pada remaja di SMP Negeri 1 Banjarbaru. Metode: Penelitian ini menggunakan metode true experimental design dengan rancangan pretest-posttest with control design, teknik pengambilan sampel simple random sampling. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Banjarbaru dengan 92 responden. Hasil: Uji Wilcoxon kelompok intervensi didapatkan signifikansi 0,000 < 0> 0,05 yang artinya tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara skor oral health literacy pretest dan posttest. Hasil signifikansi uji Mann Whitney pada skor posttest kelompok intervensi dan kelompok kontrol adalah 0,000 &lt; 0,05 yang artinya terdapat perbedaan skor oral health literacy yang signifikan antara skor posttest kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Kesimpulan: Promosi kesehatan menggunakan media sosial Instagram efektif meningkatkan oral health literacy. Kata kunci: kesehatan gigi dan mulut, media sosial, oral health literacy, promosi
dc.title Efektivitas Promosi Kesehatan menggunakan Media Sosial Instagram terhadap Peningkatan Oral Health Literacy (Tinjauan pada Remaja di SMP Negeri 1 Banjarbaru)


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account