dc.description.abstract |
ABSTRAK
Irham Maulana. NIM 1710122310019. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap
Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran P JOK Di SMPN 2 Banjarbaru,
Skripsi, Program Studi Pendidikan Jasmani, JurusanPendidikan Olahraga
dan Kesehatan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Olahraga dan
Kesehatan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarbaru. Pembimbing (I)
Dr. Nurdiansyah, M.Pd (II) Dr. Mashud, S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan dampak
secara spesifik pandemi COVID-19 terhadap hasil belajar peserta didik pada mata
pelajaran PJOK di SMPN 2 Banjarbaru yang ditinjau dari nilai kognitif dan
psikomotorik melalui kajian nilai raport dan pendapat guru. Desain penelitian
kualitatif deskriptif, menggunakan metode survei berupa wawancara kepada guru,
sedangkan untuk pengumpulan datanya menggunakan nilai raport siswa semester
I tahun ajaran 2021/2022 pada mata pelajaran PJOK. Populasi pada penelitian ini
adalah siswa pada kelas VII, VIII, dan IX beserta guru PJOK SMPN 2
Banjarbaru. Dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 196 orang siswa-siswi
kelas VII, VIII, dan IX beserta 3 orang Guru PJOK SMPN 2 Banjarbaru. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive
sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
kualitatif deskriptif dengan persentase untuk mengukur hasil belajar siswa berupa
nilai raport. Sedangkan wawancara untuk melengkapi data dari penelitian ini.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dampak pandemi Covid-
19 terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PJOK di SMPN 2
Banjarbaru melalui kajian nilai raport dan pendapat guru, menunjukkan adanya
perbandingan ketuntasan hasil belajar siswa pada nilai kognitif (pengetahuan)
yang lebih besar dibandingkan nilai psikomotorik (keterampilan). Ketuntasan
individual siswa yang mencapai nilai pengetahuan (kognitif) ?76 sebanyak 192
siswa dari 196 jumlah siswa secara keseluruhan, dengan persentase ketuntasan
klasikal sebesar 98%. Sedangkan ketuntasan individual siswa yang mencapai nilai
keterampilan (psikomotorik) ?76 hanya sebanyak 185 siswa dari 196 jumlah
siswa secara keseluruhan, dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 94%.
Beberapa faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa salah satunya yaitu
kurangnya aktivitas siswa secara praktek dalam proses pembelajaran PJOK dan
keterbatasan alat pembelajaran berupa handphone dan jaringan (kouta).
Kata Kunci : Dampak, Hasil Belajar, Kognitif, dan Psikomotorik. |
|