Repo Mhs ULM

DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PJOK DI SMPN 2 BANJARBARU

Show simple item record

dc.contributor.author Irham Maulana
dc.date.accessioned 2023-02-23T13:02:14Z
dc.date.available 2023-02-23T13:02:14Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/35763
dc.description.abstract ABSTRAK Irham Maulana. NIM 1710122310019. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran P JOK Di SMPN 2 Banjarbaru, Skripsi, Program Studi Pendidikan Jasmani, JurusanPendidikan Olahraga dan Kesehatan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarbaru. Pembimbing (I) Dr. Nurdiansyah, M.Pd (II) Dr. Mashud, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan dampak secara spesifik pandemi COVID-19 terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PJOK di SMPN 2 Banjarbaru yang ditinjau dari nilai kognitif dan psikomotorik melalui kajian nilai raport dan pendapat guru. Desain penelitian kualitatif deskriptif, menggunakan metode survei berupa wawancara kepada guru, sedangkan untuk pengumpulan datanya menggunakan nilai raport siswa semester I tahun ajaran 2021/2022 pada mata pelajaran PJOK. Populasi pada penelitian ini adalah siswa pada kelas VII, VIII, dan IX beserta guru PJOK SMPN 2 Banjarbaru. Dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 196 orang siswa-siswi kelas VII, VIII, dan IX beserta 3 orang Guru PJOK SMPN 2 Banjarbaru. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan persentase untuk mengukur hasil belajar siswa berupa nilai raport. Sedangkan wawancara untuk melengkapi data dari penelitian ini. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dampak pandemi Covid- 19 terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PJOK di SMPN 2 Banjarbaru melalui kajian nilai raport dan pendapat guru, menunjukkan adanya perbandingan ketuntasan hasil belajar siswa pada nilai kognitif (pengetahuan) yang lebih besar dibandingkan nilai psikomotorik (keterampilan). Ketuntasan individual siswa yang mencapai nilai pengetahuan (kognitif) ?76 sebanyak 192 siswa dari 196 jumlah siswa secara keseluruhan, dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 98%. Sedangkan ketuntasan individual siswa yang mencapai nilai keterampilan (psikomotorik) ?76 hanya sebanyak 185 siswa dari 196 jumlah siswa secara keseluruhan, dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 94%. Beberapa faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa salah satunya yaitu kurangnya aktivitas siswa secara praktek dalam proses pembelajaran PJOK dan keterbatasan alat pembelajaran berupa handphone dan jaringan (kouta). Kata Kunci : Dampak, Hasil Belajar, Kognitif, dan Psikomotorik.
dc.title DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PJOK DI SMPN 2 BANJARBARU


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account