Repo Mhs ULM

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER SOPAN SANTUN DALAM MATA PELAJARAN PPKn DI SMPN 3 ALALAK

Show simple item record

dc.contributor.author Tuti Alawiyah
dc.date.accessioned 2023-02-23T13:02:21Z
dc.date.available 2023-02-23T13:02:21Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/35765
dc.description.abstract Pelajaran PPKn sudah digabungkan dengan pelajaran yang lain, materi yang berkaitan dengan perilaku sopan santun yaitu sesuai dengan kompetensi dasar memahami hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan masyarakat dan sesuai dengan indikator mengklasifikasikan sikap yang memenuhi kewajiban sebagai pelajaran, sehingga pelajaran PPKn dapat diarahkan untuk membentuk karakter sopan santun siswa dalam bertingkah laku dan berkomunikasi baik dengan guru maupun dengan teman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis. 1) Perencanaan Pendidikan Karakter Sopan Santun Dalam Mata Pelajaran PPKn di SMPN 3 Alalak. 2) Pelaksanaan Pendidikan Karakter Sopan Santun Dalam Mata Pelajaran PPKn di SMPN 3 Alalak. 3) Evaluasi Pendidikan Karakter Sopan Santun Dalam Mata Pelajaran PPKn di SMPN 3 Alalak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tahap pemilihan data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan tahap perpanjangan pengamatan, bahan referensi, meningkatkan ketekunan, trianggulasi dan memberchek. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Perencanaan pendidikan pendidikan karakter sopan santun dalam mata pelajaran PPKn di SMPN 3 Alalak berupa Pembuatan RPP dan tata tertib sekolah. Pelaksanaan pendidikan karakter sopan santun dalam mata pelajaran PPKn di SMPN 3 Alalak sudah terlaksana dengan baik sesuai indikator penerapannya, namun disamping terlaksananya pendidikan karakter sopan santun ini guru juga sering mengalami berbagai kendala seperti ada siswa yang kurang menaati peraturan dan kurang sopan terhadap guru dan juga temannya, tetapi disamping kendala guru juga mempunyai solusi yang baik agar siswa itu dapat merubah sikapnya menjadi lebih baik. Evaluasi dari pendidikan karakter sopan santun dalam mata pelajaran PPKn di SMPN 3 Alalak berjalan dengan baik dibuktikan dengan nilai akademik yang meningkat serta berkurangnya siswa yang melanggar peraturan sekolah dan perilaku siswa yang berubah menjadi lebih baik.
dc.title IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER SOPAN SANTUN DALAM MATA PELAJARAN PPKn DI SMPN 3 ALALAK


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account