dc.description.abstract |
Rahmi, 1610414120020, 2022, Penerapan Prinsip-Prinsip Strategi Komunikasi Krisis di Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan Dalam Menghadapi Situasi Pandemi Covid-19. Dibimbing oleh Bachruddin Ali Akhmad dan Sarwani.
Penerapan prinsip-prinsip strategi komunikasi krisis diperlukan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan dalam menghadapi situasi krisis selama masa pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia sejak maret 2020. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan dalam menerapkan prinsip-prinsip strategi komunikasi selama krisis berlangsung serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan prinsip strategi komunikasi krisis.
Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Informan utama dalam penelitian ini adalah Kabid Pemasaran Pariwisata dan Kasi Sarana Promosi, Publikasi dan Informasi Pariwisata. Metode pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini ditemukan bahwa Dinas Pariwisata berhasil meningkatkan penggunaan media sosial selama menerapkan 10 prinsip dari strategi komunikasi krisis (Punya Tim Komunikasi; Fakta – Fakta; Kontak Media Massa; Konferensi Pers Berkala; Tidak Menutup Informasi; Hati-Hati Menyampaikan Informasi; Komunikasi Reputasi; Satu Suara; Komunikasi Empati; dan Banyak Saluran Komunikasi) dengan memanfaatkan media-media dan media sosial yang dimiliki oleh Dinas Pariwisata sebagai wadah penghubung dalam memberikan informasi. Di masa sebelum dan awal krisis cenderung pasif dalam pengolahan informasi dengan hanya meneruskan informasi yang dibuat oleh Satgas Covid Provinsi.
Kata Kunci: Komunikasi Krisis, Covid-19, Pariwisata |
|