dc.description.abstract |
Penelitian ini mengambil materi permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang diadakan selama 4 kali pertemuan. Analisis data berupa lembar aktivitas guru, lembar aktivitas siswa, dan lembar hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes tertulis. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Swato 2 Tapin tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 12 orang siswa. Indikator kerberhasilan aktivitas berada pada skor 58-72 dan hasil belajar siswa dengan KKM >70 dengan klasikal >80%. Pada hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I memperoleh skor 54 dengan kriteria “Baik”, meningkat pada pertemuan IV dengan skor 74 dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa secara klasikal pada pertemuan I mencapai 25% pada kriteria “SangatAktif”, meningkat pada pertemuan IV menjadi 83,3?ngan kriteria “Sangat Aktif”. Untuk hasil belajar siswa pada pertemuan I dengan ketuntasan klasikal 50%, meningkat pada pertemuan IV dengan ketuntasan klasikal 100%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Internal dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Kata kunci: Aktivitas Guru, Aktivitas siswa , Hasil Belajar, Internal |
|