dc.description.abstract |
Abstrak : Tujuan kajian untuk menganalisis pengaruh orientasi pasar dan inovasi produk terhadap keunggulan bersaing UMKM Kerajinan Anyaman Purun di Kampung Purun Kelurahan Palam Kota Banjarbaru. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan hubungan kausal. populasi Tenaga Kerja Banjarbaru yang berjumlah 90 orang atau pelaku UMKM Kerajinan Anyaman Purun. Unit analisis ialah subjek yang menjadi bahan analisis, yaitu individu/pelaku usaha kerajinan. Hasil penelitian Orientasi Pelanggan, usaha dapat meningkatkan orientasi pelanggan dengan cara meningkatkan produk yang ditawarkan agar disukai berbagai kalangan konsumen dan ditawarkan. sedangkan Orientasi Pesaing, yaitu pelaku usaha dapat meningkatkan orientasi pesaing dengan cara berupaya untuk mengungguli pesaing selalu mencari informasi tentang produk yang ditawarkan pesaing kepada pelanggan dan mengantisipasi kemajuan pesaing dengan menciptakan produk model baru dan Orientasi Internal, pelaku usaha dapat meningkatkan orientasi internal dengan cara dan membuat rencana pemasaran berdasarkan informasi kebutuhan pelanggan.
Kata Kunci: Keunggulan Kompetitif, Orientasi Pasar, Inovasi Produk |
|