dc.description.abstract |
Mobile Learning merupakan pembelajaran menggunakan perangkat teknologi
gengam bergerak yang lekat dengan kehidupan sehari-hari. Mobile learning dapat
memfasilitasi pembelajaran jarak jauh dan mendorong pengalaman belajar mandiri karena
dapat menyajikan materi pembelajaran kapan-pun dan dimana-pun. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengembangan dan kelayakan mobile learning berbasis android pada
mata pelajaran IPA di kelas VII. Metode penelitian mengunakan Research and
Development (R&D) dan menggunakan model 4D (Four D models). Model 4D memiliki 4
tahapan pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan
penyebarluasan (disseminate). Uji Kelayakan mobile learning dinilai oleh dua valiador ahli
media dan dua validator ahli materi serta respon dari 20 orang peserta didik.
Hasil penelitian pada tahap pengembangan oleh ahli materi dan ahli media
termasuk dalam kategori sangat layak, serta respon peserta didik dalam kategori layak.
Kemudian mobile learning berbasis android di ujicobakan kepada 10 orang peserta didik
untuk meningkatkan minat belajar dan menghasilkan rata-rata N-Gain dengan nilai 0,35
yang termasuk kedalam kategori sedang. Sehingga mobile learning berbasis android yang
telah dikembangkan layak digunakan pada mata pelajaran IPA serta dapat meningkatkan
minat belajar peserta didik pada kategori sedang.
Peneliti merekomendasikan agar mobile learning berbasis android yang telah
dihasilkan dapat dikembangkan lebih lanjut dengan menambahkan berbagai fitur yang
masih kurang dan bagi pendidik serta peserta didik peneliti menyarankan agar media yang
telah dikembangkan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dalam membantu
pelaksanakan proses pembelajaran. |
|