Repo Mhs ULM

Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbantuan Media Magic Sand untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Autis di SDLB Negeri 2 Martapura

Show simple item record

dc.contributor.author Sriayu Yulia Asmiati
dc.date.accessioned 2023-02-23T13:40:32Z
dc.date.available 2023-02-23T13:40:32Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/36129
dc.description.abstract Penelitian ini tentang anak autis yang memiliki permasalahan dalam kemampuan motorik halus. Permasalahan yang dialami subjek, yaitu pada jari-jari tangannya yang masih lemah, belum mampu dalam menggenggam pensil secara mandiri, belum mampu menulis huruf maupun angka, kesulitan dalam menghubungkannya garis putus-putus menjadi garis lurus yang rapi, belum mampu melakukan aktivitas sehari-hari secara mandiri seperti makan, mandi, menggunakan pakaian dan aktivitas lainnya. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak autis. Tahap baseline 1 (A1) memperoleh skor rata-rata sebesar 25% , pada kondisi intervensi (B) memperoleh skor 39,72?n pada tahap baseline 2 (A2) memperoleh skor 49,85%. Hasil overlap menunjukan A1 ke B sebesar 0?n B ke A2 sebesar 0%. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan motorik halus anak autis setelah diberikan intervensi menggunakan model pembelajaran langsung berbantuan media magic sand secara berulang-ulang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dalam bentuk penelitian SSR (Single Subject Research), desain yang digunakan adalah desain A1 - B -A2. Teknik analisis data menggunakan analisis visual grafik berupa analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Subjek dalam penelitian ini seorang anak autis di SDLB Negeri 2 Martapura.
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbantuan Media Magic Sand untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Autis di SDLB Negeri 2 Martapura


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account