Repo Mhs ULM

Analisis Isi Kualitatif Wisata Kultural Dan Religi Melalui Video Profil Iklan Pariwisata Banjarmasin

Show simple item record

dc.contributor.author Ihya Ul Alfi Mubarrak
dc.date.accessioned 2023-02-23T13:46:36Z
dc.date.available 2023-02-23T13:46:36Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/36182
dc.description.abstract Ihya Ul Alfi Mubarrak. NIM. D1C115059. Analisis Isi Kualitatif Wisata Kultural Dan Religi Melalui Video Profil Iklan Pariwisata Banjarmasin. Di bawah bimbingan Bachruddin Ali Akhmad dan Sarwani. Video profil pariwisata kota Banjarmasin adalah video profil yang digarap oleh pemerintah Kota Banjarmasin dan dirilis pada 27 September 2019 lalu, bertepatan pada malam puncak perayaan Hari Jadi Kota Banjarmasin ke-493. Video tersebut merupakan video yang memperkenalkan profil beberapa destinasi pariwisata di kota tersebut yang kental bernuansa kultural dan religius. Video ini memiliki tujuan untuk mempublikasikan destinasi-destinasi kota yang khas ‘Banjar’ secara daring kepada publik maya. Hal ini menjadi latar belakang peneliti untuk meneliti konten pariwisata kultural dan religi yang ada pada video tersebut karena di kemudian hari, 2 jenis pariwisata tersebut dapat menjadi potensi pariwisata yang besar dan manifestasi yang kuat di kemudian hari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis isi kualitatif Bungin dengan tipe penelitian deskriptif. Peneliti juga memadukan 3 teknik pengumpulan data, yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi yang nantinya akan diverifikasi langsung oleh 3 informan kunci (decoder) dalam analisis isi tersebut. Ada Kadiv Pengembangan Pariwisata Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata Kota Banjarmasin, Fungsional Pranata Humas Dinas Komunikasi, Informasi, dan Statistik Kota Banjarmasin, dan Ketua Forum Sineas Banua yang menjadi verifikator dan decoder analisis isi kualitatif Bungin yang dilakukan oleh peneliti. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa konten wisata kultural dan religi yang dibawakan pada video profil iklan pariwisata tersebut lebih dominan kultural daripada religinya. Hal tersebut tergambar dari semua scene dalm video, “sungai” menjadi simbol kunci yang bermakna ikon utama pariwisata Banjarmasin tidak lepas dari sungai beserta kultur yang terbentuk di sekitarnya. Pada sisi lain, konten pariwisata dalam video tersebut masih terkesan belum maksimal dan tidak fokus tertuju pada 2 jenis pariwisata tersebut, terlebih pariwisata religinya. Padahal, potensi besar pariwisata Banjarmasin terletak pada pariwisata kultural dan religi yang harusnya dihadirkan lebih dominan dan seimbang daripada harus menghadirkan ikon-ikon pariwisata alternatif lain yang juga potensial, tapi tidak sekuat 2 jenis pariwisata tersebut. Kata Kunci: Video Profil, Pariwisata Kultural, Pariwisata Religi
dc.title Analisis Isi Kualitatif Wisata Kultural Dan Religi Melalui Video Profil Iklan Pariwisata Banjarmasin


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account