dc.contributor.author | Muhammad Alfiannoor | |
dc.date.accessioned | 2023-02-23T14:02:58Z | |
dc.date.available | 2023-02-23T14:02:58Z | |
dc.identifier.uri | https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/36339 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan LKPD Berbasis CLDW konsep Ekosistem terhadap hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini menggunakan metode Quasi Experiment (eksperimen semu). Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA 3 dan X MIPA 4 di SMAN 4 Banjarmasin. Data hasil belajar dianalisis menggunakan analisis uji Wilcoxon Signed Ranks Test dengan program SPSS 16.0. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu hasil belajar peserta didik menunjukkan bahwa penggunaan LKPD berbasis CLDW pada konsep ekosistem berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar dengan nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,000<0,05. Selain itu respon peserta didik terhadap penggunaan LKPD Berbasis CLDW mendapat respon yang positif dalam pembelajaran di kelas dengan kategori setuju. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan dapat memberikan inovasi terhadap guru dalam penggunaan media pembelajaran berupa LKPD berbasis CLDW terutama dalam sistem pembelajaran blended sehingga dapat memotivasi peserta didik dalam proses pembelajaran. | |
dc.title | PENGARUH PENGGUNAAN LKPD BERBASIS CULTURE LITERACY DIGITAL WETLAND (CLDW) KONSEP EKOSISTEM TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS |