Repo Mhs ULM

Analisis Konten Edukasi Matematika Jerome Polin SIjabat dalam #Jeromebahassoal di Media Sosial Instagram

Show simple item record

dc.contributor.author Fatimah Azzahra
dc.date.accessioned 2023-02-23T14:05:11Z
dc.date.available 2023-02-23T14:05:11Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/36361
dc.description.abstract Fatimah Azzahra, 1810414120007, 2018, Analisis Konten Edukasi Matematika Jerome Polin Sijabat dalam #Jeromebahassoal di Media Sosial Instagram. Dibimbing oleh Yuanita Setyastuti. Jerome Polin Sijabat adalah salah satu dari sekian content creator yang sangat menarik dari content creator lainnya karena ia memiliki pengikuti lebih dari 6juta di media sosial instagram pribadinya. Jarang ditemukan konten edukasi matematika dengan durasi video yang pendek seperti Jerome Polin Sijabat. Maka, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pesan edukasi Jerome Polin Sijabat dalam analisis isi media Instagram untuk melakukan penyebaran konten edukasi matematika. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik analisis semiotika John Fiske. Penelitian ini merujuk pada catatan dengan deskripsi kalimat yang rinci, lengkap, mendalam yang menggambarkan situasi yang sebenarnya guna mendukung penyajian data. Dengan menggunakan analisis isi kualitatif, data yang berupa konten-konten edukasi matematika Jerome Polin Sijbat di media sosial dikategorisasikan menjadi level realitas, level representatif, level ideologi, dan bentuk pesan. Dari hasil penelitian, peneliti menemukan hasil yang menunjukkan kategori pesan edukasi dalam konten edukasi matematika Jerome Polin Sijabat. Pada level realitas Jerome Polin Sijabat digambarkan dengan penampilan yang sederhana dan bersemangat dalam menyampaikan kontennya. Pada level representasi ditunjukkan dengan pengambilan gambar pada konten tersebut sehingga mengetahui detail pada raut wajah dan gerak interaksi Jerome Polin Sijabat. Pada level ideologi, Jerome Polin Sijabat merupakan content creator yang penuh kreatifitas yang jarang ditemukan oleh orang. Pesan edukasi yang dihasilkan adalah bentuk pesan informatif karena memuat data dan fakta berupa rumus matematika. Kata Kunci : Analisis Isi, Instagram, Konten Edukasi, Matematika, Semiotika John Fiske.
dc.title Analisis Konten Edukasi Matematika Jerome Polin SIjabat dalam #Jeromebahassoal di Media Sosial Instagram


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account