Repo Mhs ULM

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CAMPURAN (BLENDED LEARNING) PADA PEMBELAJARAN PPKN DALAM JARINGAN (DARING) DI MASA PANDEMI COVID-19 DI SMAN 3 BANJARMASIN

Show simple item record

dc.contributor.author Sri Rahayu Savitri
dc.date.accessioned 2023-02-23T14:13:01Z
dc.date.available 2023-02-23T14:13:01Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/36433
dc.description.abstract Penerapan adalah suatu perbuatan mempraktekan suatu teori, metode dan hal lain untuk mencapai tujuan tertentu. Blended Learning merupakan model pembelajaran yang menggabungkan tatap muka dengan model pembelajaran berbasis online atau E-learning menjadi media yang memiliki peran penting dalam proses kegiatan belajar mengajar. Di Sekolah SMAN 3 Banjarmasin pada saat ini menggunakan model pembelajaran blended learning, dalam proses pembelajaran tentu mempunyai beberapa kendala dari sistem pelaksanaan pembelajaran, penerapaan pembelajaran, serta evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam penerapan model blended learning pada pembelajaran PPKn di SMAN 3 Banjarmasin. Jenis penelitian ini menggunakan pendekan kualitatif dengan metode deskriptif. Alasan menggunakan metode ini karena diinginkan pemaknaan yang lebih mendalam, dan deskripsikan permasalahan yang berupa kata-kata, gambaran, dan tidak dituangkan dalam bentuk bilangan atau angka statistik, melainkan dalam bentuk kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model blended learning pada pembelajaran PPKn di SMAN 3 Banjarmasin terlaksanakan dengan baik dan hasil yang efektif. Dalam penerapan penggunaan model blended learning pada pembelajaran PPKn di SMAN 3 Banjarmasin diperlukan persiapan melalui RPP, pelaksanaan dilakukan saat daring dan luring selanjutnya evaluasi penilaian aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan dilakukan guru secara daring dan luring sesuai dengan metode blended learning yang digunakan guru. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan bagi guru dan sekolah agar mampu melaksanakan dan memperkuat upaya-upaya yang bisa melancarkan proses pembelajaran dengan menggunakan model blended learning dengan maksimal dan dapat diatasi maupun diperbaiki, agar terciptanya keberhasilan dari model pembelajaran blended learning yang bersifat efektif serta dapat berhasil diterapkan baik saat ini maupun seterusnya.
dc.title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CAMPURAN (BLENDED LEARNING) PADA PEMBELAJARAN PPKN DALAM JARINGAN (DARING) DI MASA PANDEMI COVID-19 DI SMAN 3 BANJARMASIN


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account