dc.description.abstract |
Pengembangan video animasi pembelajaran merupakan salah satu bentuk usaha memenuhi media pembelajaran di sekolah agar mampu menunjang hasil belajar siswa. Video animasi dikembangkan untuk mata pelajaran Kimia yang dimana pembelajaran ini perlu adanya bentuk visual terhadap materi yang akan diberikan oleh pendidik. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui tahapan pengembangan media pembelajaran video animasi pada mata pelajaran Kimia kelas X, mengetahui kelayakan media pembelajaran video animasi pada mata pelajaran Kimia kelas X dan mengetahui penggunaan video animasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan model 4D (Four-D) yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, penyebaran. Hasil penelitian menunjukan hasil “sangat layak” melalui uji validasi ahli media, mendapatkan hasil “sangat layak” melalui uji validasi materi, serta mendapatkan hasil “sangat layak” juga untuk uji validasi naskah dan bahasa. Selanjutnya melalui hasil ujicoba media video animasi terhadap siswa, mampu meningkatkan hasil belajar dibuktikan dengan peningkatkan nilai post-test siswa. Hal ini menunjukan bahwa video animasi bisa dijadikan sebagai media pembelajaran Kimia kelas X SMA Negeri 1 Alalak.
Kata Kunci: pengembangan, pembelajaran kimia, hasil belajar |
|