Repo Mhs ULM

GAMBARAN PERILAKU KEKERASAN DAN KECANDUAN GAME ONLINE PADA REMAJA DI SMP NEGERI “X” MARTAPURA 

Show simple item record

dc.contributor.author Muhammad Hilman
dc.date.accessioned 2023-02-23T14:19:41Z
dc.date.available 2023-02-23T14:19:41Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/36500
dc.description.abstract ABSTRAK GAMBARAN PERILAKU KEKERASAN DAN KECANDUAN GAME ONLINE PADA REMAJA DI SMP NEGERI “X” MARTAPURA Hilman, Muhammad Latar belakang: Sebuah studi menunjukkan bahwa kecanduan game online lebih sering terjadi pada remaja Kecanduan game online adalah perilaku seseorang yang ingin terus bermain game online yang dapat berlangsung dalam yang waktu lama dan tidak dapat mengontrolnya. Kekerasan yang terjadi pada remaja kecanduan game online terjadi karena seringnya menyaksikan adegan kekerasan yang ada di game. Perilaku kekerasan adalah suatu tindakan keadaan dimana seseorang melakukan tindakan yang membahayakan secara fisik baik diri sendiri maupun orang lain. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perilaku kekerasan dan kecanduan game online yang terjadi pada remaja di SMP Negeri “X” Martapura. Metode: Jenis penelitian yang dilakukan menggunakan penelitian kuantitatif non eksperimental dengan menggunakan studi deskriptif. Sampel berjumlah 85 siswa yang diambil dengan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan adalah Kuesioner Kecanduan Game online dan Kuesioner Perilaku Kekerasan. Analisis statistik menggunakan distribusi frekuensi melalui program komputer. Data diambil pada tahun 2022. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan kecanduan game online pada tingkat kecanduan ringan yaitu sebanyak 45 orang (52,9%) dan perilaku kekerasan pada tingkat sedang yaitu sebanyak 43 orang (50,6%) Pembahasan: Pada penelitian ini responden mengalami kecanduan game online ringan yang disebabkan karena banyaknya waktu luang yang banyak, namun mereka masih dapat mengontrol waktu dengan baik. Sedangkan pada tingkat perilaku kekerasan responden mengalami pada tingkat kekerasan ringan, karena kekerasan yang dilakukan responden saat bermain game online masih sebatas ancaman. Kata kunci: perilaku kekerasan, kecanduan, game online.
dc.title GAMBARAN PERILAKU KEKERASAN DAN KECANDUAN GAME ONLINE PADA REMAJA DI SMP NEGERI “X” MARTAPURA 


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account