Repo Mhs ULM

MENINGKATKAN MOTIVASI, AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TEMA 7 MUATAN IPS MENGGUNAKAN MODEL BRIMA KELAS V SDN-SN KARANG MEKAR 1 BANJARMASIN

Show simple item record

dc.contributor.author Raudatul Jannah
dc.date.accessioned 2023-02-23T14:22:31Z
dc.date.available 2023-02-23T14:22:31Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/36525
dc.description.abstract ABSTRAK Jannah, Rudatul. 2022. Meningkatkan Motivasi, Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Tema 7 Muatan IPS Menggunakan Model BRIMA Kelas V SDN-SN Karang Mekar 1 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Hj. Asniwati, S.Pd,M.Pd. Kata Kunci: Motivasi, Aktivitas, Hasil Belajar Model Problem Based Learning (PBL), Role Playing, dan Make a Match. Permasalahan yang diangkat dari penelitian ini adalah motivasi peserta didik dalam belajar masih kurang, aktivitas peserta didik masih rendah dan hasil belajar peserta didik masih terbatas. Penyebab dari permasalahan ini adalah kurangnya pemahaman peserta didik terhadap materi-materi yang diajarkan oleh pendidik, pembelajaran berlangsung dilaksanakan hanya satu arah, yang mana peserta didik lebih banyak mencatat, mendengarkan penjelasan pendidik dan mengerjakan soal yang ada dibuku, serta peserta didik kurang aktif dan fokus saat pembelajaran belangsung. Oleh karena itu salah satu upaya meningkatkan motivasi, aktivitas dan hasil belajar yaitu melalui model Problem Based Learning (PBL), Role Playing dan Make a Match. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas pendidik, meningkatkan motivasi belajar peserta didik, aktivitas peserta didik serta menganalisis hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SDN-SN Karang Mekar 1 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2021/2022, jumlah peserta didik sebanyak 15 orang. Data dihasilkan dari lembar instrument lembar observasi dan tes hasil belajar, kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif dan digambarkan dalam bentuk tabel dan grafik. Selanjutnya diinterpretasikan dengan menggunakan kriteria pada masing-masig indikator keberhasilan aktivitas pendidik dan peserta didik, motivasi peserta didik, serta tercapainya ketuntasan belajar peserta didik secara individual dan klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas pendidik pada pertemuan I mencapai skor 27 dengan kriteria “baik” dan pada pertemuan IV mencapai skor 37 dengan kriteria “sangat baik”. Motivasi belajar peserta didik pada pertemuan I memperoleh 46,67?ngan kriteria “cukup tinggi” dan pertemuan IV memperoleh 86,67?ngan kriteria “sangat tinggi”. Observasi aktivitas peserta didik pada pertemuan I memperoleh 46,67?ngan kriteria “cukup aktif” dan pertemuan IV 93,33?ngan kriteria “sangat aktif”. Ketuntasan klasikal hasil belajar peserta didik pada pertemuan I memperoleh 46,67% peserta didik “tuntas” dan pertemuan IV mencapai 100% peserta didik “tuntas. Berdasarkan hasil temuan ini dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL), Role Playing dan Make a Match dapat meningkatkan aktivitas, motivasi dan hasil belajar peserta didik. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai bahan pertimbangan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.
dc.title MENINGKATKAN MOTIVASI, AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TEMA 7 MUATAN IPS MENGGUNAKAN MODEL BRIMA KELAS V SDN-SN KARANG MEKAR 1 BANJARMASIN


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account