Repo Mhs ULM

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA, INTERAKSI, DAN KONSELING TENAGA KESEHATAN TERHADAP KEPATUHAN KONSUMSI TTD IBU HAMIL (Studi Observasional Analitik di Wilayah Kerja Puskesmas Cempaka Banjarbaru)

Show simple item record

dc.contributor.author Amalia Widiwasa Munggaran
dc.date.accessioned 2023-02-23T14:24:37Z
dc.date.available 2023-02-23T14:24:37Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/36546
dc.description.abstract Kepatuhan mengonsumsi TTD yang tidak baik akan menyebabkan kurangnya penyerapan zat besi pada tubuh ibu. Berdasarkan data Riskesdas Kalimantan Selatan tahun 2018 data kepatuhan ibu hamil dalam meminum TTD sendiri adalah 43,89%, sedangkan untuk wilayah Banjarbaru kepatuhan konsumsi TTD pada ibu hamil hanya 48,92%. Penelitian bertujuan untuk menganalisis hubungan dukungan keluarga, interaksi, dan konseling tenaga kesehatan terhadap kepatuhan konsumsi TTD pada ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Cempaka Banjarbaru. Bentuk penelitian yaitu kuantitatif dengan desain observasional analitik serta menerapkan pendekatan cross-sectional. Populasi penelitian adalah ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Cempaka Banjarbaru sebanyak 657 ibu hamil. Sampel penelitian berjumlah 87 ibu hamil dengan teknik non-probability sampling dengan metode purposive sampling dengan rumus Slovin. Pengambilan data menggunakan instrumen kuesioner yang terdiri atas variabel kepatuhan konsumsi TTD ibu hamil, dukungan keluarga, interaksi, dan konseling tenaga kesehatan. Hasil penelitian tidak ada hubungan antara dukungan keluarga (p-value=0,113), interaksi tenaga kesehatan (p-value=0,068), dan konseling tenaga kesehatan (p-value=0,006) terhadap kepatuhan konsumsi TTD ibu hamil. Variabel yang paling mempengaruhi kepatuhan konsumsi TTD ibu hamil adalah dukungan keluarga (p value= 0,169). Kesimpulannya adalah tidak ada hubungan yang bermakna antara dukungan keluarga, interaksi, dan konseling tenaga kesehatan terhadap kepatuhan konsumsi TTD ibu hamil
dc.title HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA, INTERAKSI, DAN KONSELING TENAGA KESEHATAN TERHADAP KEPATUHAN KONSUMSI TTD IBU HAMIL (Studi Observasional Analitik di Wilayah Kerja Puskesmas Cempaka Banjarbaru)


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account