Repo Mhs ULM

Pengaruh Komunikasi Electronic Word of Mouth dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone iPhone (Studi Pada Pengguna Smartphone iPhone di Kota Banjarmasin)

Show simple item record

dc.contributor.author Ika Fitria Nurwulan
dc.date.accessioned 2023-02-23T14:30:01Z
dc.date.available 2023-02-23T14:30:01Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/36599
dc.description.abstract ABSTRAK Ika Fitria Nurwulan, 1810414320042, 2022. Pengaruh Komunikasi Electronic Word of Mouth dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone iPhone (Studi Pada Pengguna Smartphone iPhone di Kota Banjarmasin). Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Lambung Mangkurat, 2022. Di bawah bimbingan Ibu Lalita Hanief. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi electronic word of mouth dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian smartphone iPhone pada pengguna smartphone iPhone di Kota Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif dengan tipe penelitian eksplanatif. Pengambilan sampel menggunakan metode non probability sampling dengan jumlah responden sebanyak 97 orang yang telah memenuhi kriteria penelitian yaitu berusia 17 tahun keatas, berdomisili di Kota Banjarmasin, dan pengguna iPhone atau pernah membeli iPhone. Metode analisis data menggunakan persamaan regresi linier berganda, uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi (R square). Temuan dalam penelitian menunjukkan bahwa komunikasi electronic word of mouth berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 18,7% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor selain ewom. Gaya hidup berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 62,9% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor selain gaya hidup. Dan berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi (R2) diperoleh hasil 0,586 yang artinya variabel komunikasi electronic word of mouth dan gaya hidup secara simultan memengaruhi keputusan pembelian iPhone sebesar 58,6%, sedangkan 41,4% sisanya dipengaruhi oleh variabel-variabel lain selain ewom dan gaya hidup. Kata Kunci: Elecronic Word of Mouth, Gaya Hidup, Keputusan Pembelian.
dc.title Pengaruh Komunikasi Electronic Word of Mouth dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone iPhone (Studi Pada Pengguna Smartphone iPhone di Kota Banjarmasin)


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account