Abstract:
ABSTRAK
Zaini Fikri, 1620419310014, Kepuasan Masyarakat Dalam Pelayanan Pembuatan Sertifikat Tanah di Badan Pertanahan Nasional Kota Palangka Raya. dibawah bimbingan H. Muslih Amberi Dan Mahyuni
Penelitian ini berfokus pada kepuasan masyarakat dalam pelayanan pembuatan sertifikat tanah dan faktor penghambat pelayanan Kantor Pertanahan Kota Palangkaraya dalam pembuatan sertifikat tanah. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan tipe penelitian deskriptif dengan mengacu pada 14 indikator yakni prosedur pelayanan, persyaratan pelayanan, kejelasan petugas pelayanan, kedispilinan petugas pelayanan, tanggung jawab petugas pelayanan, kemampuan petugas pelayanan, kecepatan pelayanan, keadilan mendapatkan pelayanan,kesopanan dan keramahan petugas pelayanan, kewajaran biaya pelayanan, kepastian biaya pelayanan, kepastian jadwal pelayanan, kenyamanan lingkungan, keamanan pelayanan. Untuk mengetahui bagaimana kepuasan masyarakat dalam pelayanan pembuatan sertitifikat tanah di Badan Pertanahan Nasional Kota Palangka. Data dikumpulkan melalui angket, studi dokumentasi, observasi dan wawancara Kemudian dianalisa secara kuantitatif untuk memperoleh gambaran dari fenomena yang diteliti.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan masyarakat pelayanan Kantor Pertanahan kota Palangkaraya dalam proses pembuatan sertifikat. Pemilihan lokasi penelitian ini dikarenakan
Hasil penelitian menunjukan bahwa kepuasan masyarakat dalam kualitas pelayanan Badan Pertanahan Nasional Kota Palangkaraya dalam penyelesaian pembuatan sertifikat tanah sudah optimal dalam memberikan pelayanan tetapi ada faktor penyebab lambannya penyelesaian pembuatan sertifikat tanah. Dilihat dalam penyelesaian pembuatan sertifikat tanah harus memerlukan waktu yang lama, dari segi indikator prosedur pelayanan, Kantor Pertanahan Kota Palangkaraya sudah memberikan prosedur yang maksimal kepada masyarakat. Dari segi indikator waktu penyelesaian kantor pertanahan. belum memenuhi standar opersional pelayanan yang sudah ada, karena kurangnya SDM di dalam Kantor Pertanahan Kota Palangkaraya. Dari segi indikator produk pelayanan, masyarakat sudah cukup puas dalam menerima hasil produk yang diberikan Kantor Pertanahan Nasional Kota Palangkaraya yaitu sertifikat tanah.Dari segi indikator sarana dan prasarana, masyarakat sudah cukup puas dalam hal sarana dan prasarana, hal ini karena sudah cukup memadai nya sarana dan prasarana di Kantor Kantor Pertanahan Kota Palangkaraya. Dari segi indikator kompetensi petugas pemberi pelayanan, petugas sudah cukup maksimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Dengan demikian pelayanan kantor pertanahan Kota Palangkaraya dalam pembuatan sertifkat tanah harus ditingkatkan agar kedepannya kantor pertanahan memberikan pelayanan yang lebih optimal lagi kepada masyarakat.
Katakunci:pelayanan,Kepuasan masyarakat