Abstract:
Dalam membentuk perilaku siswa dipengaruhi oleh budaya sekolah, terkadang guru mengalami kesulitan dalam menanamkan nilai-nilai atau aturan yang ada di sekolah, baik itu terdapat dalam tata tertib sekolah maupun yang tertuang dalam visi misi sekolah. Masalah pokok pada penelitian ini ialah terdapat beberapa siswa di Madrasah Tsanawiyah Ahbaabul Musthofa yang melanggar etika sopan santun. Mata pelajaran PPKn diperlukan sebagai upaya pembinaan etika sopan santun di Madrasah Tsanawiyah Ahbaabul Musthofa Simpang Empat Sungai Baru Kecamatan Jorong Kabupaten Tanah Laut.Metode Penelitian yang dipakai didalam penelitian ini ialah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, guna menentukan informan dipakai teknik purposive sampling yakni penentuan sumber data informan sesuai sejumlah pertimbangan. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwasanya (1) proses pembinaan etika dan sopan santun di Madrasah Tsanawiyah Ahbaabul Musthofa telah dilaksanakan melalui pembelajaran PPKn dengan cara memberikan pembinaan saat pembelajaran di kelas; (2) Faktor pendukung dari proses pembinaan etika sopan santun melalui pembelajaran PPKn adalah orangtua siswa, kepala sekolah, dewan guru dan siswa itu sendiri. Sedangkan faktor penghambat yaitu faktor lingkungan dan kurangnya pemahaman siswa terhadap etika sopan santun.