Repo Mhs ULM

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA KONSEP BENDA DAN SIFATNYA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL,PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (Problem Based Learning)DAN STAD (Student Team Achievement Division) PADA KELAS IV di SDN TANJUNG PAGAR 3 BANJARMASIN

Show simple item record

dc.contributor.author Rudi Haryanto
dc.date.accessioned 2023-02-23T15:02:51Z
dc.date.available 2023-02-23T15:02:51Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/36896
dc.description.abstract Rendahnya perolehan hasil belajar mata pelajaran IPA di SDN Tanjung Pagar 3 Banjarmasin ini menunjukkan adanya indikasi terhadap rendahnya kinerja belajar siswa, disebabkan Kurangnya rasa percaya diri siswa untuk sukses pada kompetisi globalSiswa kurang aktif dalam kerjasama kelompok pada pembelajaran IPA materi benda dan sifatnya. Solusi yang digunakan melalui kombinasi Model Pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) dan STAD (Student Team Achievement Division) pada kelas IV di SDN Tanjung Pagar 3 Banjarmasin. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendiskripsikan aktivitas guru, mendiskripsikan aktivitas siswa dan menganalisis hasil belajar siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV di SDN Tanjung Pagar 3 Banjarmasin tahun pelajaran 2018/2019 berjumlah 33 siswa. Jenis data yaitu kualitatif diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru sedangkan kuantitatif diperoleh melului teknik pengukuran hasil belajar berupa tes tertulis diakhir pelajaran. Aktivitas guru dikatakan berhasil jika mencapai kriteria “sangat baik” aktivitas siswa ? 80?ngan kriteria “ aktif dan sangat aktif ”. Hasil belajar siswa tuntas apabila secara individu dan klasikal 80% siswa memperoleh nilai ? 65.Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru memperoleh skor (80,77) kriteria “baik”. Aktivitas siswa memperoleh persentasi klasikal 82,4 dengan kriteria “ sangat aktif “. Hasil belajar siswa memperoleh persentasi klasikal 78% kriteria “ tuntas ”. Sehingga telah mencapai indikator yang ditetapkan.Hasil penelitian ini disarankan kepada guru, kepala sekolah dan peneliti sendiri agar dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa dengan menerapkan kombinasi model Pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) dan STAD (Student Team Achievement Division).
dc.title MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA KONSEP BENDA DAN SIFATNYA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL,PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (Problem Based Learning)DAN STAD (Student Team Achievement Division) PADA KELAS IV di SDN TANJUNG PAGAR 3 BANJARMASIN


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account