Repo Mhs ULM

PENGADUAN KONSUMEN ATAS PENURUNAN KECEPATAN DATA INTERNETPADA PT TELKOM INDONESIA BANJARMASIN

Show simple item record

dc.contributor.author Bima Arya Setyana
dc.date.accessioned 2023-02-23T15:03:01Z
dc.date.available 2023-02-23T15:03:01Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/36899
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang penerapan penyelesaian sengketa pengaduan konsumen berkaitan dengan penurunan kecepatan data pada PT Telkom Indonesia Banjarmasin, dan kendala dalam penyelesaian sengketa pengaduan konsumen berkaitan dengan penurunan kecepatan data pada PT Telkom Indonesia Banjarmasin. Penulisan skripsi ini merupakan penelitian yuridis empiris. Perspektif yuridis empiris dimaksudkan untuk menjelaskan dan memahami arti dari legalitas peraturan perundang- undangan yang mengatur tentang perlindungan hukum bagi konsumen dalam berlangganan internet. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji bagaimana proses bekerjanya hukum yang berlaku di dalam masyarakat. Hasil penelitian mengemukakan bahwa penyelesaian ganti rugi merupakan penerapan dalam penyelesaian sengketa tentang pengaduan konsumen berkaitan dengan penurunan kecepatan akses data internet. Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mengemukakan mengenai permasalahan tentang ganti rugi, dimana kasus ketidaknyamanan pelanggan atas pelayanan public yang diberikan, perusahaan penyedia layanan diharapkan dapat segera melakukan konfirmasi permasalahan yang terjadi tersebut kepada pelanggannya. Pelaku usaha wajib menyampaikan kendala yang dialami kepada pelanggannya. Kecepatan internet menjadi kendala secara teknis terhadap penurunan kecepatan akses data, kendala penyelesaian pengaduan konsumen adalah ketidaktahuan konsumen serta proses pembuktian yang memerlukan peralatan atau aplikasi tertentu. Kendala yang terjadi dari pihak provider adalah pengaduan tersebut muncul karena adanya kerusakan ataupun gangguan terhadap jaringan internet secara fisik. Bahwa permasalahan tentang kerugian pelanggan berkaitan dengan penurunan kecepatan akses internet di Kota Banjarmasin adalah adanya terbatasnya pengetahuan dan pemahaman dari masyarakat tentang teknologi komunikasi, sedangkan pihak provider tidak memberikan informasi atau penjelasan tentang hal-hal tersebut, sehingga memunculkan masalah komplain dari pelanggan secara langsung maupun tidak langsung. Selain itu juga karena ketidaktahuan masyarakat penerapan penyelesaian sengketa pengaduan atas kerugian yang dialami pelanggan berkaitan dengan penurunan kecepatan data pada PT Telkom Indonesia Banjarmasin. Kata Kunci : Pengaduan konsumen, Penurunan kecepatan data. PT. Telkom Banjarmasin
dc.title PENGADUAN KONSUMEN ATAS PENURUNAN KECEPATAN DATA INTERNETPADA PT TELKOM INDONESIA BANJARMASIN


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account