Repo Mhs ULM

IMPLEMENTASI MODEL BANTAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS III SDN SUNGAI MIAI 2

Show simple item record

dc.contributor.author Diah Ajeng Ayuningtias
dc.date.accessioned 2023-02-23T15:14:09Z
dc.date.available 2023-02-23T15:14:09Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/37003
dc.description.abstract Ayuningtias, Diah Ajeng. 2022. Implementasi Model Bantal Untuk Meningkatkan Aktivitas, Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Muatan Matematika Pada Siswa Kelas III SDN Sungai Miai 2. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd., Ph.D. Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, BANTAL (Snowball Throwing, Example Non-Examples, Talking Stick) Permasalahan yang ditemui dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, motivasi dan hasil belajar muatan Matematika siswa di kelas III SDN Sungai Miai 2. Permasalahan ini disebabkan oleh kurangnya keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran, kurangnya motivasi siswa dalam pembelajaran, yang berdampak pada 60% siswa belum mencapai KKM 70. Alternatif pemecahan masalah menggunakan model BANTAL (kombinasi model Snowball Throwing, Example Non-Examples dan Talking Stick). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan untuk menganalisis peningkatan aktivitas, motivasi, dan hasil belajar siswa pada muatan matematika menggunakan model Bantal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan. Setting penelitian ini adalah siswa kelas III semester genap SDN Sungai Miai 2 tahun 2021/2022, dengan jumlah siswa sebanyak 18 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Jenis data yang diambil dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data dalam penelitian ini adalah dengan deskripfif analisis dijabarkan dengan cross table. Indikator keberhasilannya adalah aktivitas guru dikatakan berhasil jika mencapai kriteria “Baik dan Sangat Baik”, aktivitas siswa dengan kriteria “Aktif dan Sangat Aktif”, motivasi belajar siswa dengan kriteria “Tinggi dan Sangat Tinggi” dan hasil belajar siswa tuntas jika mencapai nilai ? 75 atau secara klasikal ? 81% siswa mendapat nilai ? 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru yaitu pada pertemuan I mencapai kriteria baik meningkat pada pertemuan ke III menjadi kategori sangat baik. Aktivitas siswa terlaksana hingga mencapai 88,9?ngan kategori sangat aktif. Motivasi belajar siswa mencapai 100?ngan kategori sangat tinggi. Hasil belajar kognitif siswa mencapai 89?ngan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Bantal dapat meningkatkan aktivitas siswa, motivasi dan hasil belajar siswa. Adapun saran bagi guru, kepala sekolah dan peneliti lain adalah hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif, pertimbangan dan referensi dalam menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas, motivasi dan hasil belajar siswa.
dc.title IMPLEMENTASI MODEL BANTAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS III SDN SUNGAI MIAI 2


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account