Repo Mhs ULM

Penggunaan Media SUNBLOK TUNA untuk Meningkatkan Kemampuan Konsentrasi Anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) di SD Islam Al Madani Banjarbaru

Show simple item record

dc.contributor.author Lisa Rahmawati
dc.date.accessioned 2023-02-23T15:30:54Z
dc.date.available 2023-02-23T15:30:54Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/37162
dc.description.abstract Penelitian ini tentang anak dengan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) yang memiliki permasalahan dalam kemampuan konsentrasi yang menyebabkan terhambatnya proses pembelajaran anak dalam menyimak penjelasan guru dan merespon pertanyaan dan/instruksi yang diberikan oleh guru saat di kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan konsentrasi melalui media SUNBLOK TUNA pada anak dengan ADHD di SD Islam Al Madani Banjarbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian SSR (Single Subject Research), desain penelitian yang digunakan adalah desain A1-B-A2 dimana A1 merupakan fase baseline 1, B merupakan fase intervensi, dan A2 merupakan fase baseline 2. Sistem pencatatan data pada penelitian ini adalah pencatatan durasi yang mengukur lamanya suatu kejadian. Teknik analisis data menggunakan analisis antar kondisi dan analisis dalam kondisi dengan penyajian data berbentuk visual grafik dan tabel. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kearah positif pada kemampuan konsentrasi dengan menggunakan media SUNBLOK TUNA. Hal tersebut terbukti melalui adanya peningkatan durasi dari setiap fase. Persentase mean level kemampuan konsentrasi anak dengan ADHD pada tahap baseline 1 sebesar 27%, kemudian pada tahap intervensi meningkat menjadi 63?n selama tahap baseline 2 meningkat sebesar 77%. Hasil overlap A1 ke B adalah 0?n B ke A2 sebesar 25%. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media SUNBLOK TUNA dapat meningkatkan kemampuan konsentrasi anak dengan ADHD. Hasil penelitian yang telah menggunakan media SUNBLOK TUNA yang telah dilakukan hendaknya dapat menjadi alat bantu dan sumber belajar bagi semua pihak yang terlibat sehingga menjadi layanan pembelajaran yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan siswa.
dc.title Penggunaan Media SUNBLOK TUNA untuk Meningkatkan Kemampuan Konsentrasi Anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) di SD Islam Al Madani Banjarbaru


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account