dc.description.abstract |
Rendahnya minat belajar mahasiswa disebabkan oleh media pembelajaran yang kurang bervariasi dan metode pembelajaran yang konvensional. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan video pembelajaran berbasis Sparkol VideoScribe untuk menarik minat belajar mahasiswa pada mata kuliah kewirausahaan, (2) Mengetahui minat belajar mahasiswa sebelum dan sesudah penggunaan video pembelajaran pada mata kuliah kewirausahaan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D dengan menggunakan metode pengembangan Borg and Gall. Tahap pengembangan Borg and Gall yang telah peneliti modifikasi yaitu, penelitian awal dan pengumpulan informasi, perencanaan, pembuatan produk awal, validasi ahli, uji lapangan awal dan revisinya, uji lapangan utama dan revisinya, serta penyempurnaan produk akhir dan desiminasi.
Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini sangat layak digunakan berdasarkan hasil validasi ahli instrumen penelitian sebesar 100?ngan kategori "Sangat Layak. (2) Video pembelajaran berbasis Sparkol VideoScribe ini sangat layak digunakan berdasarkan hasil validasi ahli media sebesar 98,80?ngan kategori "Sangat Layak", Ahli materi sebesar 97,33?ngan kategori "Sangat Layak", ahli naskah & bahasa sebesar 93, 22?ngan kategori "Sangat Layak", (3) Video pembelajaran berbasis Sparkol VideoScribe ini mendapat respon yang baik oleh mahasiswa berdasarkan angket kepraktisan media pada uji coba lapangan awal sebesar 88,86?ngan kategori "Sangat Praktis" dan uji coba lapangan utama sebesar 80,1?ngan kategori "Sangat Praktis", (4) Video pembelajaran berbasis Sparkol VideoScribe dapat meningkatkan minat belajar mahasiswa berdasarkan hasil N-Gain sebesar 0,37 dengan kategori "Sedang". Maka dapat dinyatakan bahwa media yang telah dikembangkan sangat layak digunakan dan dapat meningkatkan minat belajar mahasiswa. |
|