Abstract:
Esport adalah singkatan dari electronic sport, yaitu suatu kegiatan kompetisi ketangkasan fisik atau non fisik yang dilakukan oleh individu atau kelompok, dengan menggunakan perangkat elektronik. Perkembangan esport membawa stigma negatif bagi masyarakat Indonesia karena dapat berdampak buruk pada kesehatan dan perilaku pemuda. Di sisi lain, arsitektur merupakan salah satu unsur pembentuk gaya hidup manusia. Arsitektur yang secara ilmu perilaku menjadi behaviour setting atau tempat terjadinya pola keseharian pada kehidupan manusia tentu saja memiliki peran yang besar dalam membentuk gaya hidup manusia tersebut, sehingga diharapkan objek arsitektural dapat menjadi solusi untuk menyelesaikan permasalahan yang diangkat. Objek yang diambil adalah Fasilitas Esport dan Gaming agar berkaitan langsung dengan sumber permasalahannya. Metode penyelesaian permasalahan yang diterapkan dalam bangunan adalah dengan pendekatan arsitektur perilaku dan active design. Penerapan dari active design tersebut pada bangunan adalah dengan membuat objek rancangan yang mampu memacu penghuninya untuk melakukan aktivitas fisik melalui penataan ruang, sirkulasi, warna, pencahayaan, ukuran dan perabot.