Abstract:
Pada masa remaja, mereka ingin terlihat lebih menarik dengan memunculkan kesan dalam dirinya melalui berbagai hal salah satunya di instagram. Melalui media sosial instagram inilah individu ingin mempresentasikan dirinya berdasarkan kesan diri yang ingin dibangun setelah melakukan pengamatan dan peniruan terhadap model tertentu. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan antara vicarious experience dan penggunaan media sosial instagram dengan presentasi diri pada siswa kelas XI SMA Negeri 5 Banjarmasin.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional, dengan jumlah sampel yaitu 177 siswa. Menggunakan simple random sampling, adapun metode pengumpulan data menggunakan angket dan teknik analisi data dengan regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara vicarious experience dan penggunaan media sosial instagram dengan presentasi diri pada siswa kelas XI di SMA Negeri 5 Banjarmasin. Peneliti menyarankan agar peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian yang bersifat intervensi, salah satunya dengan memberikan layanan bimbingan konseling kepada siswa yang memiliki nilai yang rendah dalam perilaku presentasi diri,vicarious experience, ataupun penggunaan media sosial instagram.