Abstract:
Penelitian ini mengenai anak autis yang mengalami hambatan konsentrasi berupa konsentrasi rendah dan sering teralihkan fokus, baik itu dalam kegiatan pembelajaran ataupun kegiatan sehari-hari yang anak kerjakan. Berdasarkan permasalahan tersebut perlu dilakukan kegiatan yang menarik perhatian anak untuk meningkatkan konsentrasi anak dengan menggunakan media. Media yang digunakan yaitu menggelindingkan bola berwarna ke dalam kotak warna. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh permainan gelinding bola warna terhadap konsentrasi anak autis. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan analisis data menggunaan stratistik deskriptif. Metode yang digunakan adalah Single Subject Research (SSR). Desain penelitian yang digunakan adalah desain A-B-A. Subjek dalam penelitian ini adalah anak autis yang mengalami hambatan konsentrasi yang bersekolah di salah satu SLB di Banjarmasin. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian tahap baseline 1 (A1) menunjukkan bahwa anak autis mampu berkonsentrasi selama 2 menit 66 detik sampai 2 menit 68 detik, pada fase intervensi (B) menunjukkan adanya peningkatan konsentrasi yaitu bahwa anak autis mampu berkonsentrasi selama 3 menit 33 detik sampai 4 menit 57 detik dan pada tahap fase baseline 2 (A2) menunjukkan adanya peningkatan konsentrasi lagi yaitu bahwa anak autis mampu berkonsentrasi selama 4 menit 90 detik sampai 5 menit 21 detik. Berdasarkan hasil penelitian diketahui permainan gelinding bola memberikan pengaruh terhadap konsentrasi anak autis. Metode bermain gelinding bola warna diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran tentang cara meningkatkan konsentrasi anak autis.