Abstract:
Abstrak. Penelitian ini tentang anak hambatan fisik dan motorik. Permasalahan penelitian subjek belum dapat memaksimalkan motorik halus pada jari tangannya dengan baik seperti menempel benda atau kertas yang belum rapi, mengancing baju dan menali. Dari permasalahan tersebut peneliti mencoba untuk melatih motorik halus anak dengan baik dan benar menggunakan media dressing book. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian SSR (Single Subject Research), desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah A-B-A. Subjek penelitian ini adalah anak hambatan fisik dan motorik kelas IV SDLB Negeri 1 Amuntai. Sistem pencatatan data menggunakan observasi langsung dengan pencatatan data kejadian (magnitude). Teknik analisis data menggunakan analisis data visual grafik yang meliputi analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan motorik halus, terbukti dari data yang diperoleh selama kondisi baseline 1 (A1), mean level sebesar 25%, kemudian kondisi intervensi (B) mean level sebesar 71%, dan kondisi baseline 2 (A2) mean level sebesar 87,5%. Hasil overlap nya dari A1 ke B adalah 0?n B ke A2 adalah 0%. Peningkatan terjadi pada pelaksanaan intervensi menggunakan media dressing book yang memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan motorik halus anak hambatan fisik dan motorik.
Kata Kunci: Anak Dengan Hambatan Fisik dan Motorik, Motorik Halus, Dressing Book