Abstract:
Keterampilan bernyanyi pada siswa sangat penting diajarkan di sekolah demi
meningkatnya hasil belajar yang maksimal,begitu juga dengan pentingnya siswa meningkatkan
keterampilan bernyanyi pada lagu daerah. Salah satu upaya Guru untuk meningkatkan
keterampilan bernyanyi siswa adalah mengajarkan materi tentang teknik vokal dasar. Penelitian
ini menggunakan Metode Penelitian Kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menjelaskan : (1) Meningkatkan
Keterampilan Bernyanyi Lagu Daerah Banjar Menggunakan Teknik Vokal Oleh Guru Seni
Budaya Pada Siswa Kelas VIII C MTsN 2 Hulu Sungai Tengah terdiri dari : Pertemuan 1,
Pertemuan 2, dan Pertemuan 3. (2) Hasil pembelajaran siswa terhadap materi pembelajaran
teknik vokal dasar yang diterapkan pada lagu daerah Banjar adalah melalui lembar penilaian
praktik keterampilan bernyanyi siswa. Kesimpulan dari Meningkatkan Keterampilan Bernyanyi
Lagu Daerah Banjar Menggunakan Teknik Vokal Dasar Oleh Guru Seni Budaya Pada Siswa
Kelas VIII C MTsN 2 Hulu Sungai Tengah ini berjalan dengan lancar, siswa menjadi tertarik
untuk bernyanyi lagu daerah Banjar karena memahami materi pembelajaran ini.