Repo Mhs ULM

MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV UNTUK MENANAMKAN KARAKTER WASAKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PRESEN DAN MEDIA AUDIO VISUAL DI SDN HANDIL BAKTI

Show simple item record

dc.contributor.author Najiha Shofina
dc.date.accessioned 2023-02-23T15:50:21Z
dc.date.available 2023-02-23T15:50:21Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/37348
dc.description.abstract Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Hal tersebut disebabkan pembelajaran masih bersifat satu arah dan pembelajaran yang kurang menarik sehingga membuat siswa pasif dalam pembelajaran, siswa belum mampu memecahkan masalah yang diberikan oleh guru melalui percobaan dan membuat siswa belum optimal dalam memaknai pengetahuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru untuk menganalisis peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran PRESEN dan media audio visual. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Handil Bakti yang berjumlah 26 orang siswa terdiri dari 14 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswa perempuan, pada semester II tahun ajaran 2021/2022. Data yang diambil merupakan data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan keterampilan komunikasi siswa kemudian menggunakan data kuantitatif untuk hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis secara individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dijabarkan dengan tabel, grafik, dan interpretasi dengan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 memperoleh nilai 72 dengan kriteria “Baik”, meningkat pada pertemuan 4 memperoleh nilai 95 dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 mencapai 58?ngan kriteria “Cukup Aktif” meningkat pada pertemuan 4 menjadi 100%. Ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif pada pertemuan 1 memperoleh ketuntasan klasikal 46?n pada pertemuan 4 mencapai 100%. Pada pertemuan 1 ketuntasan klasikal pada aspek afektif 31?n pada pertemuan 4 mencapai 100%. Pada pertemuan 1 ketuntasan klasikal pada aspek psikomotorik 27?n pada pertemuan 4 mencapai 100%. Berdasarkan perolehan tersebut disimpulkan bahwa penggunaan model PRESEN dan media audio visual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Adapun saran bagi guru, kepala sekolah dan peneliti ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam memilih dan menggunakan model pembelajaran khususnya pada muatan IPA.
dc.title MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV UNTUK MENANAMKAN KARAKTER WASAKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PRESEN DAN MEDIA AUDIO VISUAL DI SDN HANDIL BAKTI


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account