Abstract:
Abstrak. Penelitian ini mengenai Pembelajaran Keterampilan Vokasional Menggunakan Bahan Dasar Limbah Bagi Anak Tunagrahita Ringan Di Kelas IX di SLBN Balangan. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh kondisi objektif tentang perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut untuk meningkatkan pembelajaran keterampilan vokasional dari bahan dasar limbah di SLBN Balangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah Guru keterampilan dan Kepala Sekolah SLBN Balangan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil Penelitian mengenai pembelajaran keterampilan vokasional menggunakan bahan dasar limbah di SLBN Balangan, dapat ditarik kesimpulan bahwa perencanaan pembelajaran keterampilan vokasional RPP disusun sesuai dengan tema pembelajaran dan RPP disusun beradasarkan silabus pembelajaran, Pelaksanaan Pembelajaran di SLBN Balangan terdiri atas kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Evaluasi pembelajaran yaitu mengikuti ujian tes tertulis dan praktek. Tindak lanjut yang dilakukan di SLB Balangan yaitu sangat diharapkan berkesinambungan untuk mengoptimalkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran keterampilan vokasional.
Kata kunci: : Keterampilan Vokasional, Bahan Dasar Limbah, Anak Tunagrahita