Repo Mhs ULM

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN PPKN  MENGGUNAKAN MODEL GESPER PADA SISWA KELAS IV SDN SUNGAI LULUT 3 BANJARMASIN

Show simple item record

dc.contributor.author Alfisyah Ramadhani
dc.date.accessioned 2023-02-23T15:54:36Z
dc.date.available 2023-02-23T15:54:36Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/37390
dc.description.abstract ABSTRAK Ramadhani, Alfisyah. 2022. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Muatan PPKn Menggunakan Model GESPER pada siswa kelas IV SDN Sungai Lulut 3 Banjarmasin. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dr. Suhaimi, M.Pd. Kata kunci: Hasil Belajar, PPKn, Group Investigation, Example Non example, dan Numbered Head Together (NHT) Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa di kelas IV SDN Sungai Lulut 3 Banjarmasin yang disebabkan oleh kurangnya keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran, kurangnya fokus siswa dalam pembelajaran, masih jarang dilaksanakan kegiatan berkelompok, pembelajaran yang masih monoton dan kurang menyenangkan. Solusinya yaitu dengan menggunakan model GESPER. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan menganalisis aktivitas siswa meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PPKn menggunakan model GESPER pada siswa kelas IV SDN Sungai Lulut 3 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK), dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan di kelas IV SDN Sungai Lulut 3 Banjarmasin dengan jumlah siswa sebanyak 26 orang. Data dianalisis berdasarkan hasil observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Data dianalisis dengan teknik deskriptif serta digambarkan dalam bentuk tabel dan grafik, selanjutnya diinterpretasikan dengan menggunakan kriteria pada masing-masing indikator keberhasilan aktivitas guru, aktivitas siswa serta tercapainya ketuntasan belajar siswa secara individual dan klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada setiap pertemuan terlaksana sesuai dengan rencana dari skor 25 dengan kriteria “baik” meningkat menjadi skor 32 dengan kriteria “sangat baik”. Aktivitas siswa mengalami peningkatan pada pertemuan 1 memperoleh 42% kriteria “cukup aktif” meningkat pada pertemuan 4 menjadi 100% kriteria “sangat aktif”. Begitu juga hasil belajar siswa pada pertemuan 1 memperoleh ketuntasan klasikal 62% siswa yang tuntas meningkat menjadi 96% siswa yang tuntas pada pertemuan 4. Berdasarkan hasil temuan ini, maka model GESPER dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun saran bagi guru, kepala sekolah dan peneliti lain adalah hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam memilih dan menggunakan model pembelajaran khususnya pada muatan PPKn di Sekolah dasar.
dc.title MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN PPKN  MENGGUNAKAN MODEL GESPER PADA SISWA KELAS IV SDN SUNGAI LULUT 3 BANJARMASIN


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account