dc.description.abstract |
Hermillenia, Sandira. 2022. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis
Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Menggunakan Model
Pembelajaran BALOGO Di SDN Sungai Jingah 7 Banjarmasin.
Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin. Pembimbing Ari Hidayat, M.Pd.
Kata Kunci: Berpikir Kritis, Hasil Belajar, IPS, Model BALOGO
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya keaktifan siswa
kelas IV SDN Sungai Jingah 7 Banjarmasin terhadap mata
pelajaran IPS yang berpengaruh pada hasil belajarnya. Masalah
dalam penelitian ini adalah rendahnya pengembangan berppikir
kritis siswa, pembelajaran yang masih satu arah dimana siswa
tidak ikut terlibat dalam proses pembelajaran,kurangnya
kemampuan dalam memecahlan sebuah masalah,dan penggunaan
model pembelajaran yang masih kurang efektif. Salah satu upaya
untuk mengatasi permasalahan ini yaitu dengan menggunakan
model BALOGO.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model
BALOGO diperoleh hasil aktivitas guru pada pertemuan 1 sampai
4 meningkat dari skor 20 dengan kriteria cukup baik menjadi 34
dengan kriteria sangat baik. Observasi aktivitas siswa pada
pertemuan 1 sampai 4 secara klasikal meningkat dari 40?ngan
kriteria kurang aktif menjadi 90?ngan kriteria sangat aktif.
Observasi aktivitas berpikir kritis siswa pada pertemuan 1 sampai
4meningkat dari 30?ngan kriteria kurang kritis menjadi 90?ngan kriteria sangat kritis. Hasil belajar aspek kognitif siswa
secara klasikal pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 40%
menjadi 90%, Hasil belajar aspek afektif siswa secara klasikal
pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 40% menjadi 90%.
Hasil belajar aspek psikomotorik siswa secara klasikal pada
pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 30% menjadi 90%.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran dengan menggunakan model BALOGO dapat
meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, berpikir kritis dan
hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi kegiatan
Indahnya Kebragaman Negeriku. Disarankan kepada guru untuk
menggunakan kombinasi model BALOGO dalam menciptakan
kegiatan belajar mengajar yang dapat meningkatkan interaksi dan
keterlibatan siswa pada kegiatan pembelajaran, sehingga dapat
meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. |
|