Repo Mhs ULM

HUBUNGAN PERAN KEPEMIMPINAN PPJA DENGAN MOTIVASI PERAWAT DALAM MENDOKUMENTASIKAN ASUHAN KEPERAWATAN (STUDI DI RSD IDAMAN KOTA BANJARBARU)

Show simple item record

dc.contributor.author Yoga Maulana Hernowo
dc.date.accessioned 2023-02-23T15:59:44Z
dc.date.available 2023-02-23T15:59:44Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/37438
dc.description.abstract Pada era akreditasi rumah sakit, dokumentasi asuhan keperawatan berperan sebagai alat komunikasi perawat dengan tim kesehatan lainnya serta memiliki fungsi yang salah satunya adalah bukti tanggung jawab dan tanggung gugat perawat dalam memberikan asuhan. Kemampuan perawat dalam melakukan pendokumentasian asuhan keperawatan berkaitan erat dengan motivasi perawat. Motivasi dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan eksternal, faktor lain yang memengaruhinya adalah peran kepemimpinan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan peran kepemimpinan PPJA dengan motivasi perawat dalam mendokumentasikan asuhan keperawatan di RSD Idaman Kota Banjarbaru. Penelitian kuantitatif dengan desain korelasional dengan pendekatan cross-sectional dan melibatkan responden sebanyak 104 perawat yang diambil dengan teknik stratified random sampling dan analisis bivariat menggunakan korelasi Spearman. Terdapat hubungan dengan kekuatan lemah dan arah positif antara peran kepemimpinan PPJA dengan motivasi perawat dalam mendokumentasikan asuhan keperawatan di RSD Idaman Kota Banjarbaru dengan nilai p-Value = 0001; koefisien korelasi (r) = 0.314.
dc.title HUBUNGAN PERAN KEPEMIMPINAN PPJA DENGAN MOTIVASI PERAWAT DALAM MENDOKUMENTASIKAN ASUHAN KEPERAWATAN (STUDI DI RSD IDAMAN KOTA BANJARBARU)


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account