dc.description.abstract |
Ulfah, Imilia. (2022) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Peran Ekonomi
Menggunakan Model INVESTOR di Kelas V SDN 2 Bangkal. Skripsi Program
S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing: Dr. H. Muhammad
Saleh, M.Pd.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Materi Peran Ekonomi, INVESTOR.
Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada
muatan pembelajaran IPS. Hal tersebut disebabkan pembelajaran masih berpusat pada
guru dan belum melibatkan siswa secara aktif, pembelajaran kurang variatif, dan guru
jarang mengulang materi pembelajaran. Adapun upaya untuk mengatasi permasalahan
tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran INVESTOR dalam
pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, siswa,
dan mengalisis hasil belajar siswa di kelas V SDN 2 Bangkal.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
dilaksanakan 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 2
Bangkal, Kabupaten Hulu Sungai Tengah yang berjumlah 10 orang siswa yang terdiri
dari 5 orang siswa perempuan dan 5 orang siswa laki-laki pada semester ganjil tahun
ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diambil
merupakan data kualitatif yang diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru, dan
aktivitas siswa. Kemudian menggunakan data kuantitatif untuk hasil belajar siswa yang
diperoleh melalui tes tertulis secara kelompok dan individu. Analisis data dalam
penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dan cross tabulasi dijabarkan
dengan tabel, grafik dan interpretasi dengan persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Aktivitas Guru pada pertemuan 1
mencapai 64.28?ngan kategori baik, kemudian meningkat sampai pada pertemuan
4 menjadi 100?ngan kategori sangat baik. Aktivitas siswa juga meningkat pada
setiap pertemuannya, pada pertemuan 1 mencapai 50?ngan kategori cukup aktif
kemudian terus meningkat sampai pada pertemuan 4 hingga mencapai kategori 100%
sangat aktif. Untuk hasil belajar siswa pada pertemuan 1 dengan ketuntasan klasikal
50% kemudian meningkat sampai pada pertemuan 4 dengan ketuntasan klasikal 100%.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui model
INVESTOR dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa.
Adapun saran bagi guru, kepala sekolah dan peneliti lain agar kombinasi model ini
dapat menjadi salah satu alternatif dan referensi dalam penggunaan model pembelajaran
yang variatif. |
|