dc.description.abstract |
Hayati, Nita Septiana. 2022. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Ppkn
Tentang Keragaman Karakteristik Individu Melalui Kombinasi Model
Auditory, Intellectually, Repetition (Air), Mind Mapping Dan Course Review
Horay (Crh) Pada Siswa Kelas 4 Sdn Teluk Mesjid 1 Hulu Sungai Utara.
Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.
Pembimbing: Drs. H. Ramadi, M.Pd
Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Keragaman Karakteristik
Individu, Model Auditory, Intellectually, Repetition (Air), Mind Mapping
Dan Course Review Horay (Crh)
Permasalahan dari penelitian ini adalah rendahnya aktivitas,dan hasil belajar
siwa terhadap muatan PPKn pada materi keberagaman karakteristik individu pada
siswa kelas 4 SDN Teluk Mesjid 1 HSU. Penyebab dari masalah tersebut adalah
Kurangnya keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran dan
pembelajaran kurang menarik. Solusi dalam mengatasi masalah di atas adalah
melakukan pembelajaran menggunakan model kombinasi model Auditory,
Intellectually, Repetition (Air), Mind Mapping Dan Course Review Horay (Crh).
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru,
menganalisis aktivitas siswa, dan hasil belajar muatan PPKn materi Keragaman
Karakteristik Individu pada siswa kelas 4 SDN Teluk Mesjid 1 HSU.
Pendekatan penelitian ialah pendekatan kualitatif, Jenis penelitian yang
digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 4
Pertemuan, dilaksanakan di kelas 4 SDN Teluk Mesjid 1 HSU yang berjumlah 17
orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket
dan tes. Analisis data berupa analisis deskriptif dan crosstabel. Indikator
keberhasilan Aktivitas siswa skor 26-32 dengan klasikal ?80% serta hasil belajar
individu semua siswa dengan ?70 KKM dengan klasikal ?80%.
Hasil penelitian menujukkan bahwa aktivitas guru dengan presentase
100% kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa dengan presentase klasikal 94%
kriteria “Hampir Seluruhnya”. Begitu pula dengan hasil belajar siswa dengan
presentase klasikal 100% Kriteria “Sangat Baik”.
Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran
menggunakan model kombinasi Auditory, Intellectually, Repetition (Air), Mind
Mapping Dan Course Review Horay (Crh) dapat meningkatkan aktivitas siswa, dan
hasil belajar siswa. Adapun saran bagi guru, kepala sekolah dan peneliti lain hasil
penelitian ini dijadikan sebagai bahan, informasi atau alternatif dalam memilih
model pembelajaran PPKn khususnya materi Keragaman karakteristik individu
serta dapat dijadikan referensi dalam melakukan penelitian berikutnya. |
|