Repo Mhs ULM

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MUATAN PEMBELAJARAN IPS TEMA 7 DENGAN MENGKOMBINASIKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING, MIND MAPPING DAN MAKE A MATCH KELAS 5 SDN KUIN SELATAN 1 BANJARMASIN BARAT

Show simple item record

dc.contributor.author Chyntia Dewi Pratiwi
dc.date.accessioned 2023-02-23T16:30:40Z
dc.date.available 2023-02-23T16:30:40Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/37510
dc.description.abstract Pratiwi, Chyntia Dewi. 2022. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Muatan Pembelajaran IPS Tema 7 dengan Mengkombinasikan Model Problem Based Learning, Mind Mapping, dan Make a Match Kelas 5 SDN Kuin Selatan 1 Banjarmasin Barat. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Drs. Mahmuddin, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis, Kombinasi Model Problem Based Learning, Mind Mapping, dan Make a Match Permasalahan pada penelitian pada tema 7 Peristiwa dalam kehidupan adalah rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa, dan rendahnya kemampuan berpikir kritis. Hal tersebut disebabkan karena siswa tidak mampu memahami materi secara mendalam, pembelajaran kurang menarik bagi siswa, dan siswa kurang terlibat langsung dalam pembelajaran. Salah satu upaya meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis pada muatan pembelajaran IPS adalah menggunakan kombinasi model pembelajaran Problem Based Learning, Mind Mapping, dan Make a Match. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, mendeskripsikan aktivitas siswa, dan menganalisis peningkatan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam empat kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 SDN Kuin Selatan yang berjumlah 20 orang siswa disemester 2 tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diambil merupakan data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru, aktivitas siswa kemudian menggunakan data kuantitatif untuk hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis secara kelompok dan individu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 memperoleh skor 38 dengan kriteria “Baik”, meningkat pada pertemuan 4 dengan skor 47 dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 mencapai 25?ngan kriteria “Cukup Aktif” meningkat pada pertemuan 4 menjadi 100?ngan kriteria “Sangat Aktif”. Hasil belajar kognitif pada pertemuan 1 mencapai 40?n meningkat pada pertemuan 4 mencapai 100%. Hasil belajar afektif pada pertemuan 1 mencapai 40?n meningkat pada pertemuan 4 mencapai 95%. Hasil belajar psikomotorik siswa pada pertemuan 1 mencapai 45?n meningkat pada pertemuan 4 mencapai 90?rdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan kombinasi model Problem Based Learning, Mind Mapping, dan Make a dapat meningkatkan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa, hasil belajar dan juga akan berpengaruh pada kemampuan berpikir kritis siswa. Adapun saran bagi kepala sekolah, guru dan peneliti lain adalah sebagai salah satu alternatif dalam upaya meningkatkan hasil belajar yang berdampak pada peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa.
dc.title UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MUATAN PEMBELAJARAN IPS TEMA 7 DENGAN MENGKOMBINASIKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING, MIND MAPPING DAN MAKE A MATCH KELAS 5 SDN KUIN SELATAN 1 BANJARMASIN BARAT


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account