Repo Mhs ULM

MENINGKATKAN MOTIVASI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL SIGAP PADA MUATAN IPA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA BAGI SISWA KELAS V SDN HANDIL BANYIUR 2

Show simple item record

dc.contributor.author Fitria Kumala Sari
dc.date.accessioned 2023-02-23T16:34:42Z
dc.date.available 2023-02-23T16:34:42Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/37546
dc.description.abstract ABSTRAK Sari, Fitria, Kumala, 2022. Meningkatkan Motivasi Dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas V Materi Perubahan Wujud Benda Dengan Menggunakan Model Sigap. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Akhmad Riandy Agusta, M.Pd. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Aktivitas Belajar, SIGAP. Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan aktivitas belajar siswa yang berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Hal tersebut disebabakan pembelajaran tidak bervariasi dan tidak menarik, pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher center) serta siswa masih sulit memahami konsep materi. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran SIGAP dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas motivasi dan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan di kelas V SDN Handil Banyiur 2 jumlah siswa sebanyak 11 orang. Data dianalisis secara kualitatif, yaitu aktivitas guru, motivasi belajar, aktivitas siswa, dan secara kuantitatif, yaitu hasil belajar siswa. data dianalisis dengan teknik deskriptif dan digambarkan dalam bentuk tabel dan grafik, selanjutnya diinterpretasikan dengan menggunakan kriteria pada masing-masing indikator keberhasilan serta tercapainya ketuntasan belajar siswa secara individual dan klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru terlaksana dengan sangat baik dengan persentase pelaksanaan langkah-langkah 100%. Motivasi siswa pada kategori Sangat Tinggi meningkat dari 45,45% dipertemuan I, meningkat menjadi 63,63% dipertemuan II, 81,81% pertemuan II, dan menjadi 100% dipertemuan IV. Aktivitas siswa yang memperoleh kriteria sangat aktif meningkat dari persentase 45,45%, menjadi 54.54%, meningkat menjadi 72,72%, dan menjadi 90,90%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model SIGAP dapat meningkatkan kualitas aktivitas guru, motivasi belajar, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Adapun saran bagi kepala sekolah, guru, siswa dan peneliti lain adalah agar penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi dalam menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan meningkatkan kualitas aktivitas guru, motivasi belajar, aktivitas siswa, dan hasil belajar pada siswa.
dc.title MENINGKATKAN MOTIVASI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL SIGAP PADA MUATAN IPA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA BAGI SISWA KELAS V SDN HANDIL BANYIUR 2


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account