dc.description.abstract |
Masrurah, 2022. Meningkatkan Hasil Belajar Aspek Membaca Pemahaman dalam
Menentukan Ide Pokok pada Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Metode
Diskusi dan Kombinasi Model Cooperative Integrated Reading and Composition
(CIRC), Think Pair Share (TPS) dan Student Team Achievement Division (STAD)
Siswa Kelas 5B SDN Kuin Selatan 1 Kota Banjarmasin. Skripsi S-1 Pendidikan
Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas
Lambung Mangkurat. Pembimbing Drs. H. Ramadi, M.Pd.
Kata Kunci: Membaca Pemahaman, Ide Pokok, Cooperative Integrated Reading
and Composition (CIRC), Think Pair Share (TPS), Student Team
Achievement Division (STAD)
Dampak yang terdapat pada penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan
siswanya pada pembelajaran Bahasa Indonesia dalam menentukan ide pokok
bacaan pada teks ekplanasi melalui membaca pemahaman masih dibawah Kriteria
Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu ?65. Selain itu kemampuan siswa masih rendah
dalam menentukan ide pokok pada teks eksplanasi dengan melalui membaca
pemahaman. Dari permasalahan tersebut tujuan penelitian ini untuk mengetahui
aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar dengan menggunakan kombinasi
model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Think Pair Share
(TPS) dan Student Team Achievement Division (STAD).
Penelitian ini termasuk kedalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang mana dilaksanakan dalam
2 siklus, dimana tiap siklusnya dilaksanakan 2 kali pertemuan. Untuk siswa yang
diteliti yaitu siswa kelas 5B SDN Kuin Selatan 1 tahun ajaran 2021/2022 dengan
jumlah siswa sebanyak 30 orang. Adapun teknik pengambilan data sendiri dengan
cara observasi guru dan observasi siswa serta dengan tes hasil belajar pada
siswanya. Indikator pada aktivitas guru bisa dikatakan berhasil apabila telah
mencapai ?36 dengan kriteria sangat baik, sedangkan aktivitas siswa dikatakan
berhasil apabila mencapai ?82 dengan kategori sangat aktif. Dan untuk hasil belajar
dianggap tuntas apabila telah mencapai KKM ?65 dengan klasikal ?80%
ketuntasan.
Hasil penelian menunjukkan bahwa: 1) Aktivitas guru pada siklus I
mendapat skor 27 dengan kriteria baik meningkat pada siklus II menjadi 36 dengan
kriteria sangat baik. 2) Aktivitas siswa pada siklus I mendapatkan persentase
sebesar 53,87?ngan kategori cukup aktif dan meningkat pada siklus II sebesar
91,50?ngan kategiri sangat aktif. 3) Hasil belajar pada siklus I ketuntasan
klasikalnya 23,33% meningkat pada siklus II menjadi 83%.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada meteri menentuka ide
pokok pada teks eksplanasi dengan menggunakan kombinasi model Cooperative
Integrated Reading and Composition (CIRC), Think Pair Share (TPS) dan Student
Team Achievement Division (STAD) meningkat, jadi dengan begitu guru bisa
menjadikan model ini sebagai contoh untuk diterapkan pada saat proses
pembelajaran. |
|