Repo Mhs ULM

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI VOLUME BALOK MENGGUNAKAN MODEL NUMBER HEAD TOGETHER DAN TEAM GAMES TOURNAMENT PADA SISWA KELAS V SDN KELAYAN SELATAN 1 BANJARMASIN

Show simple item record

dc.contributor.author Indri Puspitasari
dc.date.accessioned 2023-02-23T16:36:43Z
dc.date.available 2023-02-23T16:36:43Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/37564
dc.description.abstract Permasalahan siswa dalam pembelajaran Matematika materi volume balok kelas V SDN Kelayan Selatan 1 Banjarmasin adalah rendahnya minat siswa untuk menggali materi lebih jauh serta kurangnya interaksi antar siswa dan siswa terlihat bosan dalam mengikuti pembelajaran dikarenakan hanya duduk dan mencatat sambil mendengarkan guru menjelaskan. Oleh karena itu salah satu upaya meningkatkan hasil belajar yaitu melalui model Number Head Together (NHT) dan Team Games Tournament (TGT). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Kelayan Selatan 1 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2021/2022, jumlah siswa sebanyak 13 orang. Data dihasilkan dari lembar observasi dan tes hasil belajar, kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif dan digambarkan dalam bentuk tabel dan grafik. Selanjutnya diinterpretasikan dengan menggunakan kriteria pada masing-masing indikator keberhasilan aktivitas guru dan siswa serta tercapainya ketuntasan belajar siswa secara individual dan klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada setiap pertemuan selalu meningkat, pada pertemuan I mendapatkan kriteria “Baik”, meningkat menjadi kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan pada pertemuan I memperoleh “Aktif” dan meningkat pada pertemuan III menjadi kriteria “Sangat Aktif”. Berdasarkan hasil temuan ini dapat disimpulkan bahwa model Number Head Together (NHT) dan Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai bahan pertimbangan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.
dc.title MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI VOLUME BALOK MENGGUNAKAN MODEL NUMBER HEAD TOGETHER DAN TEAM GAMES TOURNAMENT PADA SISWA KELAS V SDN KELAYAN SELATAN 1 BANJARMASIN


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account